Tuesday, 19 March 2013 03:49

 

SMAN 1 MADA PANGGA JUARA PERTAMA


juara 1

(BTKP). SMA Negeri 1 Mada Pangga Kabupaten Bima keluar sebagi juara pertama setelah menyisihkan tujuh belas Sekolah Menegah Atas/ Madrasah Aliah (SMA/MA) dari Kabupaten/Kota Se Nusa Tenggara Barat, dalam rangka Lomba cerdas cermat tingkat Provinsi (tingkat SMA) yang di selenggarakan oleh Dinas Dikpora Prov. NTB kerjasama dengan Sekretris Jendral MPR RI. Demikian dikatakan oleh Kepala Bidang Dikmenti Hj. Uum Umayah S.Pd, ketika sebagai pembina pada upacara bendera hari Senin tanggal 25 Maret di Lapangan upacara Dinas Dikpora NTB.


Dari hasil lomba tersebut masing-masing untuk juara pertama SMA Negeri 1 Mada Pangga Kabupaten Bima dengan perolehan skor 223 point, disusul juara kedua diraih oleh SMAN 1 Mataram dengan perolehan skor 177 point dan juara ketiga diraih oleh SMA Kae Woha Bima dengan perolehan skor 170 point.


Lanjut Uum Umayah, bahwa lomba ini mengandung maksud adalah lomba cerdas cermat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Pancasila,UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika).


Tujuan di lakukan lomba ini adalah (1). Untuk mencari Sekolah Mengah Atas/ Madrasah Aliah  dari  Kabupaten/Kota untuk kemudian menjadi wakil Provinsi pada pelaksanaan putaran final di Jakarta (2). Memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya penyelenggaraan kehidupan berkonstitusi melalui pemahaman aturan dasar bernegara,khususnya di kalangan generasi muda (3).Membangun dan membina persahabat antar generasi muda yang dapat memperkokoh persatuan bangsa.


Peserta lomba adalah 18 sekolah yang merupakan hasil seleksi dari Kabupaten/Kota se NTB


1.

Kota Mataram

:

SMAN 1 MATARAM dan MAN 1 MATARAM

2.

Lombok barat

:

SMAN 2 GERUNG dan SMAN 1 GUNUNG SARI

3.

Lombok tengah

:

SMAN 1 PRAYA dan SMAN 1 PRAYA TENGAH

4.

Lombok timur

:

SMAN 1 SELONG dan SMAN 1 SAMBELIA

5.

KLU

:

SMAN 1 TANJUNG

6.

KSB

:

SMAN 1 JEREWEH

7.

Sumbawa Besar

:

SMAN 1 SUMBAWA BESAR dan SMAN 2 SUMBAWA  BESAR

8.

Dompu

:

SMAN 1 DOMPU dan SMA ISLAM TERPADU RANGGO

9.

Kota Bima

:

SMAN 4 KOTA BIMA dan MAN 2 KOTA BIMA

10.

Bima

:

SMA KOEWOHA dan SMAN 1 MADAPANGGA


Juara II diraih oleh SMAN 1 Mataram dengan perolehan skor 177 point

juara 2

Juara III diraih oleh SMA Kaewoha Bima dengan perolehan skor 170 point

juara 3

k







Kegiatan lomba di laksanakan di Aula Asrama Haji, selama empat hari jln. Dr.R.Soejono, Lingkar Selatan mulai tanggal 17 sampai dengan 20 Maret lalu

Juara pertama akan mewakili NTB untuk mengikuti lomba cerdas cermat tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di jakarta.. (Hayyi@Wan)

Last Updated on Wednesday, 27 March 2013 03:02
 
Friday, 08 March 2013 02:05

 

Sekretaris Dinas Dikpora H. IMHAL

Rapat Dengan Tim UN Tingkat Provinsi

 

 

H.IMHAL

BTKP). Sekretaris Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Imhal bersama Tim Penyelenggara Ujian Nasional Tahun 2013 (Kamis 7 Maret 2013) hari ini, bertempat di Ruang Sidang Satu mengadakan rapat guna membahas persiapan dan sosialisasi Ujian Nasional tahun 2012/2013.


Selanjutnya Imhal menjelaskan ada beberapa hal yang disampaikan dalam pertemuan tersebut bahwa ujian nasional diselenggarakan bermaksud adalah, mendorong peningkatan mutu pendidikan nasional, penilaian kinerja, baik ditingkat sekolah/madrasah, daerah, maupun nasional, menjaga standar terutama pada daerah-daerah dengan performance yang bervariasi, selanjutnya digunakan untuk analisis kebijakan maupun untuk diagnostik dalam rangka perbaikan proses belajar dan mengajar, mendorong peserta didik untuk belajar lebih sunguh-sunguh karena ada tekanan dari luar (external pressure) yang menumbuhkan presepsi dan motivasi jika tidak belajar, tidak akan lulus, meningkatkan kualitas kerja pendidik dan proses pembelajaran.


Pada kesempatan yang sama pula Imhal menegaskan, bahwa pelaksanaan ujian nasional ini sangat penting karena ujian tersebut bertujuan, untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran (mapel) tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, kata Imhal.


Dilain pihak bahwa kegunaan dari hasil ujian nasional adalah; pemetaan mutu program dan atau satuan pendidikan, dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.


Menurut Sekretaris Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat Imhal, bahwa jadwal pelaksanaan ujian nasional untuk SMA/MA dilaksanakan tgl 15 s-d 18 April 2013, susulan tgl 22 s-d 25 April 2013, ujian SMK dan SMALB tgl 15 s-d 17 April 2013, susulan 22 s-d 24 April 2013. Paket C IPS periode pertama tgl 15 s-d 18 April 2013, periode kedua tgl 1 s-d 4 Juli 2013, Paket C IPA periode pertama tgl 15 s-d 18 April 2013, periode kedua tgl 1 s-d 4 Juli 2013 sedangkan Paket C Kejuruan periode pertama tgl 15 s-d 16 April 2013, periode kedua tgl 1 s-d 2 Juli 2013. Sedangkan pelaksanaan Ujian untuk SMP/M.Ts/ SMPLB tgl 22 s-d 25 April 2013, susulan 29 April s-d 2 Mei 2013.


Paket B/Wustha, periode pertama dilaksanakan tgl 22 s-d 24 April 2013, periode kedua tgl 1 s-d 3 Juli 2013. Peket A/Ula periode pertama tgl 6 s-d 8 Mei 2013, periode kedua tgl 1 s-d 3 Juli 2013. Dan pelaksanaan untuk SD/MI tgl 6 s-d 8 Mei 2013. Jadwal ini sudah standar artinya ditetapkan secara nasional oleh Kemdikbud, ungkap Imhal.


Menurut Imhal, ada beberapa agenda penting untuk panitia ujian nasional tingkat provinsi, yang perlu diperhatikan adalah data peserta ujian yang falid, bahwa data itu berdasarkan input data dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, hal ini supaya tidak terjadi kesalahan dalam menyalurkan soal ujian ke-sekolah-sekolah atau madrasah, jelas Imhal.


Serangkaian dengan kegiatan dan sosialisasi UN tersebut, lebih jelasnya diminta kepada para Kepala Sekolah atau para pengelola satuan pendidikan (stakeholders), bisa download tentang informasi ujian nasional melalui situs resmi Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat ke; http://btkp.dikpora.ntbprov.go.id


Diakhir rapat Imhal mengatakan kepada tim penyelenggara ujian nasional provinsi, perlu menyusun jadwal kegiatan untuk melaksakan pertemuan-pertemuan lebih lanjut, dalam rangka menyusun kegiatan sosialisasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dan tim ujian dari Perguruan Tinggi (PT). Pan/Wan/Upq.

Last Updated on Friday, 08 March 2013 02:14
 
Tuesday, 05 March 2013 00:59

PENGALAMAN  SISWA PSG  DI BALAI TEKKOM  PENDIDIKAN



(BTwendryKP). Memasuki  bulan kedua   kegiatan Praktek Kerja Industri  (Prakerin)  di Pusat Sumber Belajar  Balai  Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat,   menurut  Ni Nyoman Wendry siswi kelas  XI SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat,  selama melaksanakan Prakerin,  merasa terbantu ketika dipandu oleh Tutor, bahwa materi yang diperoleh  terasa banyak sekali. Wendry mengakui  materi  yang diajarkan di bulan pertama sudah mendapatkan materi seperti; mengetik sepuluh jari, merakit komputer, instalasi PC dengan USB Windows, linux virtual box. Lanjut di bulan yang ke dua (Februari)  antara lain materi tentang; Microsoft word, Microsoft exel, Microsoft Power point, Microsoft access, editing video dengan Corel video studio x4. Sementara materi di bulan ketiga  (Maret)  ini sedang belajar  Swishmax3 dan aplikasi lainnya.


andryDilain pihak bagi Andry Maulana  siswa yang berasal dari  SMK  Negeri 1 Sateluk Kabupaten Sumbawa Barat, bahwa PSG ini punya nilai tambah artinya materi yang diperoleh  merupakan pengalaman dasar yang harus dimiliki  oleh seorang   tenaga teknis dalam pendayagunaan  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ungkapnya.  Andry mengakui melalui kegiatan ini bisa mengenal totor, saling mengenal dengan teman-teman  dari SMK lainnya. Sementara di sekolah  pelajaran diperoleh kebanyakan teori saja,  praktenya  relatif sedikit ungkap  Andry.  Begitu juga pengakuan Dea Elpira (17 tahun) siswi SMKN 1 Lingsar Lombok Barat selama prakerin  ini  bisa  mendapatkan pengetahuan yang lebih luas, mendalam, asyk juga, dan kalau ada waktu luang bisa melakukan searching (mencarai) apa saja sesuai kebutuhan  yang berkaiatan dengan materi  yang diajarkan oleh tutor selain itu  bisa  facebookan juga katanya.


tutorsafrideapsbPada bagian lain dituturkan oleh Tutor;  Jafung Pengembang Teknologi Pembelajaran ibu (Susan Novita), teknisi WAWAN dan saudara Sapri (Mahasiswa STMIK Bumi Gora) dkk,  menjelaskan pola  pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok, disetiap akhir  pembelajaran  dilaksanakan evaluasi  tentang materi yang telah diajarkan ini bertujuan untuk dipertanggungjawabkan secara individu. Berangkat dari pengalaman tersebut   para  siswa-siswi   diberikan pemahaman tentang  bagaimana  mengenal  berbagai komponen komputer secara langsung,  mengolah kata, angka,  database,  dan bahan presentasi,mengolah teks gambar, video, audio,  sehingga  siswa tersebut memiliki pengetahuan  dasar untuk terjun di dunia kerja.  Dibagian akhir   ketika  diwawancarai tentang pengalaman Prakerin mereka terhadap tiga orang siswa yang mewakili dari 23 orang siswa yang berasal dari  (SMKN  1 Lingsar  Lobar dan SMKN 1 Seteluk KSB)  tersebut  bahwa prakrin  akan berakhir bulan  April 2013 mendatang.   Pan@Wan

Last Updated on Tuesday, 05 March 2013 23:47
 
Friday, 01 March 2013 08:03

 

Bahan Sosialisasi UN 2013

 

 

pos un

 


Bahan Sosialisasi Ujian Nasional (UN) untuk SD/MI/SMP/M.Ts/SMA Luar Biasa, SMA/MA/SMK dan Pendidikan Kesetaraan Program Paket A/Ula, Program Paket B/Wustha dan Program Paket C Tahun 2013  sebagai berikut :


POKOK BAHASAN


1.HASIL UJIAN NASIONAL 2011/2012

2.TUJUAN UJIAN NASIONAL

3.PERBEDAAN UJIAN NASIONAL 2012 DENGAN UJIAN NASIONAL 2013

4.PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL 2013

download pos_un

Last Updated on Thursday, 07 March 2013 02:36
 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Page 19 of 53
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.