Menuju Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional

(Drs. Edy Susilo, M.Pd)

 

edy susilo

Mataram(BTKP). Figur Bapak Drs. Edy Susilo M.Pd, umur 53 tahun adalah salah seorang yang tangguh dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai pengawas sekolah. Sekarang masih aktif sebagai pengawas di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Mataram, Edy adalah salah contoh pengawas sekolah yang telah mengukir prestasinya secara berjenjang.Pertama memperoleh penghargaan dari Bupati Dompu (Syaifurrahman Salman) sebagai juara satu dalam pemilihan pengawas sekolah berprestasi Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2007. Kedua mendapatkan penghargaan dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (Drs. H. Lalu Srinata) sebagai juara dua pengawas sekolah berprestasi tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2007. Ketiga juara satu sebagai pengawas sekolah berprestasi tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dr. TGH.M. Zainul Majdi) tahun 2013. Dan ke-empat memperoleh juara pertama dalam pemilihan pengawas SMK berprestasi tingkat Nasional dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nasional (Prof.Dr.Ir.Mohammad Nuh,DEA) tahun 2013.


Prestasi Edy Susilo, sebagai pengawas berprestasi mulai dari tingkat Kabupaten dan Kota serta di tingkat Provinisi membuahkan hasil yang cukup gemilang hingga ke tingkat Nasional. Ini semua menurut Edy, adalah kerja keras dalam memanjukan mutu pendidikan di Daerah Nusa Tenggara Barat sebagai bagian dari pengabdian kepada Nusa dan Bangsa Indonesia.


Dari berbagai penghargaan yang diperoleh tersebut, bahwa Edy dalam waktu dekat ini diberikan penghargaan dari Pemerintah Pusat, berupa penghargaan Satya Lencana Pendidikan dalam rangka puncak hari guru Nasional di Istora Senayan Jakarta bulan November 2013, dan study banding ke luar negeri di bidang Pendidikan tahun 2014 mendatang. Jelas Edy. (Pandri@Wan)


Download. Tulisan lengkap “Menuju Pengawas Sekolah Berprestasi “ oleh: Drs. Edy Susilo, M.Pd.

 
Thursday, 14 November 2013 01:30

DUA PEMUDA PELOPOR NTB

MEMPEROLEH PENGHARGAAN NASIONAL

 


BTKP. Baru-baru ini Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kementerian Pemuda dan Olahraga, memberikan penghargaan kepada dua orang pemuda asal Nusa Tenggara Barat, katagori Pemuda Pelopor Tingkat Nasional atas nama; Yohanes Haidin sebagai juara satu bidang lomba Bela Negara dan Nurmini Anggraini juara dua dibidang lomba penggerak kewirausahaan.

 

JUARA 1Pemberian Penghargaan kepada kedua orang pemuda yang telah mengukir prestasi sebagai pemuda pelopor asal Bumi Gora ini berlangsung di Samarinda Kalimantan Timur dalam acara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda pada bulan Oktober tahun 2013.


 

JUARA 2

Katagorti pemuda kepeloporan dibidang Bela Negara adalah berupa karya nyata yang dilakukan oleh pemuda dalam setiap tindakan, perilaku, pemikiran yang senatiasa meningangkat harkat martabat berbangsa serta bernegara dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan kesejahteraan umum, guna menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan negara serta keselamatan bangsa demi kelangsungan kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Untuk katagori dibidang kewirausahaan adalah karya nyata yang dilakukan oleh pemuda dalam menciptakan atau mengembangkan inovasi produk yang bertumpu/berbasis pada sumberdaya lokal sehingga memiliki nilai tambah, seperti sesuatu yang tidak bermanfaat menjadi memiliki nilai ekonomi serta dapat menumbuhkan wirausaha baru dilingkungannya yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Pandri@Wan

Last Updated on Thursday, 14 November 2013 05:11
 

GURU DAN SISWA TUNANETRA  MEMANFAATKAN  DIGITAL TALKING BOOK

 


KBALAIBTKP. Dalam acara Bimbingan Teknis Pemanfaatan  Model Prototype Buku Sekolah Audio , siswa dan guru dari Yayasan Pendidikan Tunanetra  Mataram, melakukan praktek membaca dengan  menggunakan  media  Digital Talking Book (Victor Reader).  Media tersebut sangat simpel dan praktis, bentuknya segi  empat  dan portable   ukuran  20x20 Cm,   sehingga bila dipergunakan  oleh guru dan siswa dalam memutarkan CD  audio  pembelajaran  dengan format   MP3, media tersebut  sangat praktis  dan mudah dibawa  ke ruangan kelas yang lain  pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung .


Pada bagian permukaan (depan)  media Digital Talking Book atau Victor Reader (VR),  itu  sudah tersedia dan  dilengkapi dengan beberapa tobol navigasi  antara  lain;  angka, simbul, panah, previous, next play,stop, volume ±, audio speed very slow, slow, medium, fast, very fast  dengan 2 tombol navigasi yang mudah di operasikan, dengan mudah pula menuju next  page dan  previous page dengan menekan page dan menekan tombol ganda menuju halaman yang lebih dari 10 page, misalnya menekan ganda angka 4 untuk menuju halaman 44. Hal ini membantu para guru dan siswa Tunanetra  ketika   melakukan proses membaca dan mendengarkan suara  sesuai konten  yang dibahas  dalam  CD MP3  tersebut.


BPMRPeserta  pelatihan pemanfaatan  media  Victor Reader (VR),  salah satu peserta pada acara tersebut   Aminullah (47 tahun)  adalah mewakili Guru Agama Islam  Tunanetra   dan  perwakilan dari  siswa   Zarwan Tunanetra (19 tahun)  kelas X  SMALB, bahwa keduanya  pada saat  melakukan  dan mendemonstrasikan  dalam menekan  beberapa tobol di VR dengan memainkan  jari jemarinya.


Dan se-sekali guru dan siswa itu bisa tersenyum manis sambil mendengarkan  pokok bahasan yang dibahas melalui suara (audio), ini dilakukan  berjalan lancar  berkat  bantuan dari  navigasi  tersebut, hal  itu pula  sangat berkesan cepat  dan mahir  dalam uji coba   memanfaatkan  CD  MP3 untuk  Mapel  Sejarah bagi siswa SMALB Kelas  X, itu dilakukannya kurang lebih masing-masing  20 menit saja, sudah mahir dan lancar.

 

GURUSISWASISWA2

Sementara Bambang  Tim dari Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan Kemdikbud  bahwa keistimewaan media tersebut  suaranya  jernih   bisa dipercepat  suara bacaannya sehingga pendengar  bisa pindah  pokok bahasan atau ke-topik yang lainnya, begitu juga  siswa  saat mendengarkan  bertahan lama ketika mendengarkan pembahasan disetiap pokok bahasan (materi)  yang dibutuhkan atau dipilih oleh  guru dan siswa. Keistimewaan media tersebut adalah setelah  dievaluasi program pemanfaatannya  oleh guru dan siswa tunanetra  di Jogjakarta, Bali, Jatim, Jabar, Jateng, Lampung, Sulsel, dan Nusa Tenggara Barat.

 


Peserta  bimbingan teknis  pemanfaatan Model Prototipa Buku Sekolah Audio ini, terdiri dari   8 orang  guru  SLBA  (SDLB,SMPLB, dan SMALB)  dan siswa sebanyak 5 orang (SD Kelas 4, SMP Kelas IX dan kelas XII). Koordinotor Tim dari  Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan  Drs. Wahyudi, M.Pd, diselah selah kegiatan bimbingan teknis  menyerahkan secara gratis memberikan  berupa CD (MP3) Pembelajaran  sejarah  SMA Kls X, Sosilogi  kelas XII, IPA SMP Kelas  IX dan IPS SD  Kelas IV masing-masing satu judul.


Kegiatan dilaksanakan di Mataram 23 Oktober 2013,  bimbingan teknis pemanfaatan media audio berlangsung atas kerjasama Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP)  Kemdikbud, dengan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP)  Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Pandri@Wan)

 

 

273 ORANG TP DAN TKP IKUT PELATIHAN SIAP ONLINE


 

soSebanyak 273 orang Tenaga Pendidik (TP) dan Tenaga Kependidikan (TKP) terdiri unsur Guru sebanyak 269 orang SD/SMP/SMA/SMK Negeri dan Swasta se Kota Mataram dan masing-masing  2 orang Tenaga Kependidikan dari Dinas Dikpora Provinsi NTB  dan  Dinas Pendidikan Kota Mataram mengikuti  pelatihan dan difasilitasi oleh PT. Telkom Indonesia Tbk, Wilayah Telekomunikasi Nusa Tenggara Barat dalam rangka mendayagunakan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Online (SIAP Online).


Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan pola 8 (delapan) jam tatap muka, yang berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 2 Oktober 2013 (lalu). Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Imhal, di Aula Handayani. Lanjut Imhal bahwa pelatihan bertujuan untuk memberikan fasilitas bagi seluruh sekolah yang ada di daerah ini untuk mendapatkan akses koneksi internet dengan aplikasi ekosistem manajemen pendidikan.

so2

s04

 

 

 

 

 

 

 

 

Koneksi internet dimaksudkan dengan memanfaatkan akses telkom grup maka sekolah dapat memilih untuk menggunakan akses koneksi internet, telkom speedy atau telkomsel Flash. Sedangkan bagi sekolah yang tidak terjangkau oleh jaringan telepon bisa menggunakan modem telkomsel Flash dengan kouta 2 GB.


so3

Menurut Rizki narasumber dari Telkom Grup bahwa SIAP Online ini adalah layanan aplikasi yang terintegrasi antara satu dengan yang lainnya untuk memberikan kemudahan pengelola data dan informasi kependidikan bagi seluruh komunitas pendidikan, mulai dari sekolah, guru, siswa, orang tua hingga Departemen Pendidikan Nasional, Tingkat Provinsi, sampai di Tingkat Kabupaten/Kota.


Pada bagian lain bahwa user (pengguna) bisa melakukan kegiatan dimana saja dan kapan saja karena keunggulan aplikasi Siap Online melalui media modem telkomsel flash sekolah tidak perlu membangun webserver dan tidak perlu ada jaringan telepon. Keunggulan lain bahwa aplikasi ini juga memberikan layanan aplikasi-aplikasi lain untuk memberikan dukungan bagi kegiatan-kegiatan pembelajaran dan kompitibel dengan program pendidikan. (ungkap Rizki).


Layanan jasa tambahan Siap Online yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan  oleh tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah. Aplikasi ini oleh PT Telkom telah menyiapkan berbagai fasilitas atau paket dan modul yang standar seperti; admistrasi pendidikan meliputi sarana dan prasarana, keadaan gedung, alamat sekolah, struktur sekolah, rekening sekolah, peta sekolah, kurikulum, data siswa, data guru/pegawai, pengelolaan atau penggunaan dana bantuan operasional sekolah, bantuan sekolah, profil sekolah, website sekolah, absensi siswa, rekap nilai siswa, PPDB Online, fb, sms kehadiran siswa, twitter, video pembelajaran.


Lebih jauh menurut Rizki selain itu user (guru) diberikan hak akses ke situs pendidikan dan bisa menambah konten lain seperti konten pembelajaran berbasis muatan lokal, sering konten pembelajaran dengan komunitas pendidikan serta mengadakan link dengan situs pendidikan nasional ke kemdikbud.go.id, portal rumah belajar, jardiknas, televisi edukasi, radio edukasi, suara edukasi, m_edukasi.


Kegiatan pelatihan ini terlaksana atas kerjasama Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan PT Telkom Indonesia Wilayah Telkom Nusa Tenggara Barat dan Dinas Pendidikan Kota Mataram. (Pan/Wan /Mkhr/Upq)

Matari pelatihan siap online klik

dowload

 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Page 14 of 55
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.