Thursday, 04 July 2013 02:29

 

DISEMINASI PEMANFAATAN TIK UNTUK PENDIDIKAN


kbalaiKepala Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Drs.Sukran Rabu (3/6), menutup Kegiatan Diseminasi Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan bagi Guru,Kepala Sekolah dan Pengawas yang di selenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud di Pusat Sumber Belajar (BTKP) Dinas Dikpora Provinsi NTB yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 2 s.d 4 Juli 2013. Kegiatan  desiminasi  dihadiri oleh 48 orang; terdiri dari 23 orang Kepala Sekolah dan Pengawas, dan 25 orang guru mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK. Dalam pelaksanaan  desiminasi  bahwa salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pengembangan  Rumah Belajar sebagai bentuk layanan pembelajaran berbasis  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk siswa, guru dan pemangku kepentigan pendidikan. Sementara ini sekolah yang telah memiliki server Rumah Belajar yaitu SD Nomor 5 Kota Mataram, SMP Negeri 1 Praya Kabupaten Lombok Tengah dan SMK Negeri 1 Selong Kabupaten Lombok Timur, ungkap Sukran.


peserta3

Dalam Sambutan Penutupannya, Kepala balai berpesan bahwa apa yang didapatkan dalam kegiatan Diseminasi ini (seperti bagaimana membuka, mendaftar dan login serta mengelola kelas maya) dapat di aplikasikan kepada siswa baik di sela-sela jam belajar maupun membangun kelas maya di luar jam belajar sehingga proses belajar menjadi tidak terbatas oleh ruang dan waktu serta ilmu yang di peroleh dapat ditularkan kepada guru yang lainnya di sekolah. Lebih lanjut beliau juga berpesan kepada sekolah yang mendapatkan sumbangan Server Rumah Belajar tahun lalu supaya di rawat,dijaga dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.peserta1peserta2


Detik-detik terakhir acara diseminasi Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran berjalan dengan lancar dan di akhiri dengan berjabat tangan.(san@wan)

Last Updated on Thursday, 11 July 2013 01:05
 
Tuesday, 25 June 2013 01:45

ANUGRAH KIHAJAR  2013

 

 

KIHAJARDepartemen Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemdikbud)  melalui Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom)  tahun ini akan menyelenggarakan kegiatan akbar dibidang pendidikan  berupa Kihajar. Kihajar atau Kita Harus Belajar  merupakan satu rangkaiaan kegiatan yang memiliki tujuan utama yaitu mendorong dan meningkatkan minat dan kebiasaan belajar dikalangan pelajar mulai dari jenjang SD/MI,SMP/M.Ts, SMA/SMK/MA sederajat.


Pustekkom  dalam hal ini melaksanakan kegiatan Kihajar  untuk  memperkenalkan dan sekaligus bisa  mendayagunakan   berbagai sumber-sumber  belajar seperti;  Rumah belajar, Radio Edukasi, Televisi Edukasi, Suara Edukasi,  kepada siswa dan menjadikan sumber belajar itu sebagai salah satu acuan belajar siswa dan guru. Selain itu juga bahwa  Pustekkom mendorong siswa dan guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  sehingga siswa dan guru dapat mengembangkan minat atau bakat yang dimilikinya.


Alur pelaksanaan Kuis Kihajar Siswa menonton siaran TVE, kemudian menjawab kuis Kihajar dengan cara mengirimkan jawabannya melalui sms. Panitia Kihajar Nasional akan mencatat dan membuat skor serta membuat tingkatan berdasarkan jawaban yang benar. Kuota yang diberikan untuk siswa yang berhak ke Grand Final di Jakarta pada bulan November yad,  adalah sebanyak 33 siswa untuk semua jenjang pendidikan tanpa melihat dari provinsi mana siswa berasal, yang dihitung adalah siswa yang memiliki skor tertinggi.


Siswa dapat juga mengikuti kuis Kihajar melalui website Kihajar yaitu kihajar.kemdikbud.go.id. Melalui situs ini siswa mendaftarkan diri dan mengisi data diri, kemudian menjawab langsung soal-soal kuis yang ada di website itu. Website kihajar.kemdikbud.go.id akan membuat skoring secara otomatis. Setelah siswa mengerjakan soal-soal kuis, siswa dapat langsung melihat hasilnya. Kuota melalui jalur ini adalah sebanyak 33 siswa dari 33 provinsi dengan rincian satu siswa setiap jenjang dari setiap provinsi  berdasarkan   jenjang yaitu SD/MI. SMP/MT.s.  SMA/SMK/MA.


Jadwal kuis Kihajar 2013 melalui siaran TVE mulai tanggal 3 Juni 2013 sampai dengan 25 Oktober 2013. Sementara kuis  Kihajar 2013 melalui website Kihajar.kemdikbud.go.id dimulai juga pada 3 Juni 2013 sampai dengan 25 Oktober 2013


Materi soal ada dua jenis, pertama  materi soal kuis untuk siaran TVE, kedua adalah materi soal kuis untuk situs kihajar.kemdikbud.go.id. Untuk materi soal kuis siaran TVE dibutuhkan sebanyak 105 soal untuk setiap jenjangnya,  sehingga materi soal yang diperlukan adalah 315 item soal untuk semua jenjangnya.


Tabel Soal

Mata pelajaran

Item Soal SD/MI

Item Soal

SMP/MI

Item Soal

SMA/SMK/MA

Bahasa Indonesia

27

27

21

Bahasa Inggris

26

26

21

Matematika

26

26

21

IPA

26

26

21

IPS

-

-

21

Total Item Soal

105

105

105

Sumber. Juknis Kihajar 2013.

Para pemenang Kuis Kihajar di tingkat provinsi yang menggunakan kuis on-line maupun yang menggunakan tayangan TV Edukasi akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Kuis Kihajar Tingkat Nasional.  Peserta Kuis Kihajar Tingkat Nasional diikuti oleh 132 peserta meliputi  (a) 33 peserta Kuis Kihajar harian melalui tayangan di TV Edukasi terdiri dari 3 jenjang masing masing 11 peserta  dan (b) 99 peserta Kuis Kihajar online dari 33 propinsi masing-masing 3 peserta dari 3 jenjang.


Peringkat sementara Kuis Kihajar online ini dapat dilihat setiap saat melalui web kihajar dengan alamat http://kihajar.kemdikbud.go.id.  Verifikasi pemenang Kuis Kihajar on-line ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Pan@Wan

Last Updated on Tuesday, 25 June 2013 01:52
 

105 ORANG  PEMUDA   MENGIKUTI  PELATIHAN  KREATIFITAS

 


karya lidiTerpilih  sebanyak  105 orang  Pemuda  se- Nusa Tenggara Barat  mengikuti  Pelatihan   Bidang Kreatifitas Pemuda,  hal ini disampaikan oleh  Sekretaris Dinas Dikpora  Provinsi,  Drs. H. Imhal  ketika pembukaan pelatihan di Aula Handayani  kemarin (Senin  27 Mei  2013). Unsur pemuda yang mengikuti pelatihan  berasal dari;  KNPI, PCMI, Pramuka, PPI, PSP3, RMI, Karang Taruna, PPMI, Aliansi Kebangsaan, Dewan Amanat Mataram, Green Yout NTB, Forum Pemuda, PPI Mataram dan  Kosgoro.


Menurut  Imhal  bahwa  terkait dengan  pengembangan kreatifitas pemuda, melalui Asdep Peningkatan Kreatifitas Pemuda,  Deputi  Pemberdayaan Pemuda Republik Indonesia   berupaya  menfasilitasi kegiatan-kegiatan  kepemudaan di daerah  yang sifatnya  untuk kreatifitas dan pelatihan   kreatifitas  yang mempunyai dampak positif  terhadap lingkungannya  maupun masyarakat secara luas, ungkapnya.

karyakarya pemuda

Kegiatan pelatihan ini juga tidak terlepas dari kondisi daerah masing-masing sehingga  disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi lokal, materinya  adalah  pelatihan bidang kreatifitas pemuda  “ KERAJINAN TANGAN  BERBAHAN  LIDI ”.


Bahwa  Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat  melalui Bidang Pemuda Dan Olahraga,  tujuan  dilaksanakan pelatihan bidang kreatifitas pemuda  tahun ini adalah dalam rangka upaya meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda dalam membangun dirinya, masayakat, Bangsa dan Negara termasuk pemberian kesempatan yang sama  terhadap pemuda untuk berkreatifitas serta pengembangan potensi pemuda.


pemuda kreatifBidang Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat  kerjasama dengan  Tutor lokal,  dalam pelaksanaan pelatihan  tersebut  adalah melibatkan  tiga orang nara sumber; yaitu I GST AYU JELANTIK  (Ibu Rumah Tangga),  Made Yase (Suami) dan Muhamad Ali  yang berprofesi sebagai guru di  SD Sekotong Tengah Lombok Barat. Dan  dari  ketiga  nara sumber ketika ditanya  beliau  mengakui ada  sebagai, penjual  dan  pengerajin  INGKE (Piring Lidi).


Sementara dari salah  peserta  pelatihan ketika  di wawancara dengan ICA (Purna Paskibraka Indonesia 2008,  mengakui  bahwa dalam rangka  mengikuti pelatihan ini  akan menambah wawasan, pengalaman, bisa berbagi  kepada  teman-teman pemuda lainnya, untuk mengisi kekosongan waktu  karena  membuat INGKE ini adalah proses untuk membuatnya sangat mudah, kita  memperoleh bahannya ada disekitar, kemudian  murah untuk  mendapatkan materialnya dan ramah terhadap lingkungan, jelas ICA. (Pan/Wan/Opiq)

 

Informasi Tentang Kalender Pendidikan  Dan PPDB Tahun Pelajaran 2013/2014


  • Kalender Pendidikan Sekolah /Madrasah Tahun Pelajaran 2013
  • Jumlah Hari Non Efektif dan Hari Efektif Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2013/2014
  • Uraian  Kalender Pendidikan Sekolah/Madrasah
  • Uraian Jadwal Peserta Didik Baru (PAUD,SD/SDLB,SMP/SMPT/SMPLB,SMA DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
  • Petunjuk  Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk PAUD,SD/SDLB,SMP/SMPT/SMPLB,SMA DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

File bisa di download disini... klik disini

download

 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Page 14 of 50
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.