Written by ADMIN   
Tuesday, 04 March 2014 04:44

Diinformasikan Pengaturan Pengamplopan Dan Ruang Ujian Nasional 2014


Sebagai berikut :

 

1

2

3

4

5

 

File PDF Bisa Di Download KLIK DISINI

Via Google Doc/Drive KLIK DISINI

Last Updated on Tuesday, 04 March 2014 06:59
 

FOCUS GROUP DISCUSSION  SISWA  TUNANETRA


t1BTKP. Drs. Sukran  Kepala Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat  kerjasama dengan  Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP)  Pustekkom  Kemdikbud, mengembangkan sebuah model  dan format media audio pembelajaran  untuk siswa berkebutuhan khusus terhadap siswa  Tunanetra di  SLBA YPTN Mataram dan SLBN Pembina  Provinsi NTB. Hal ini dimaksudkan  untuk mengadakan analisis kebutuhan  guna menjaring  data dan informasi  tentang kebutuhan sasaran untuk pembuatan konten pembelajaran siswa tunanetra.


Kegiatan Focus Group Discussion (FGD)  berlangsung satu hari  bertempat di Mataram, (27/2/2014) Kamis kemarin. Peserta  dalam  kegiatan   tersebut  di hadiri  oleh Guru dan siswa  dari SLBA YPTN Mataram, SLBN Pembina Provinsi Nusa Tenggara Barat, Siswa Tunanetra (kls7), Tim BPMP Pustekkom Kemdikbud, Jafung Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP),  dengan jumlah  peserta sebanyak 20 orang.


Ada hal yang menarik terhadap  siswa yang berkebutuhan khusus (Tunanetra) ini,   bahwa siswa yang ikut  dalam acara  Focus Group Discussion, siswa   tersebut   adalah  tergolong anak-anak  yang tidak bisa melihat  sama sekali, tetapi bisa mendengar. Oleh karena itu  siswa Tunanetra  memerlukan pelayanan khusus  untuk memilih media pembelajaran yang tepat  agar  mereka  bisa  membaca  buku pelajaran mereka.


t3Salah seorang Guru  Tunanetra  Muklis (43 tahun) menuturkan, bahwa  keunggulan lain  dari  siswa Tunanetra  mempunyai kepekaan pendengaran dan bisa mengamati siapa orang yang berjalan disekitarnya,  ketika di ruang kelas, mereka  bisa mengenal dari gerak langkahnya. Disamping itu siswa mempunyai  kemampuan untuk  mandiri   seperti  kepasar, ke Toko, berjalan di  jalan raya, ke  Mall,  mendengar dari suara  atau  tanda-tanda dengan menggunakan tongkat, ini semua  bertujuan  agar  siswa tunanetra bisa bersosialisasi  dengan masyarakat.Ungkap Mukhlis.

t4t5t6

Dalam acara Focus Group Discussion bahwa  para Siswa  Tunanetra   tersebut  mendiskusikan  mata pelajaran  IPA, PKN dan Matematika, kegiatan  dipandu oleh Tim dari  Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan Pustekkom Kemdikbud.



Hasil  dari  analisis Kebutuhan Model dan Format Media Audio  Pembelajaran  untuk Siswa Berkebutuhan Khusus dalam  Focus Group Discussion untuk siswa Tunanetra  tersebut semantara ini   memerlukan analisis  lebih lanjut  dan mendalam oleh Tim Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (Jafung PTP) BPMRP tentang  kesesuaian konten pembelajaran dengan durasi  serta suara (audio) dengan harapan suara itu  bisa menarik baik dari intonasi, alur cerita, sesuai pembelajaran yang ingin  dicapai, tepat untuk mendukung materi pembelajaran, praktis, luwes dan tahan lama.


Kemajuan  Teknologi  Komunikasi dan Informasi  (TIK) di bidang Pendidikan sekarang ini, maka  media   pembelajaran  yang tepat   untuk   siswa tunanetra  adalah  media Digital Talking Book  (Victor Reader).  Media Digital Talking Book atau Victor Reader (VR),  itu  sudah tersedia dan dilengkapi dengan beberapa tobol navigasi  antara  lain;  angka, simbul, panah, previous, next play,stop, volume ±, audio speed very slow, slow, medium, fast, very fast dengan 2 tombol navigasi yang mudah di operasikan oleh siswa Tunanetra   dengan cara meraba  dan  menekan  tombol yang tersedia. Kemudahan lain  media VR mudah dibawa kemana-mana artinya siswa bisa mempergunakan di dalam ruang kelas, atau di ruangan belajar, bahkan di mana saja siswa itu berada. (Pandri@Wawan)

 
Mobile
Written by ADMIN   
Tuesday, 18 February 2014 10:03

 

HADIAH TOTAL LOMBA MOBILE  EDUKASI  RP 88.500.000


m-edukasiBogor. Balai Pengembangan Multimedia  Pendidikan (BPMP) Pustekkom Kemdikbud  akan menyelenggarakan Lomba Mobile Edukasi tahun 2014 (Pembelajaran Berbasis Handphone) untuk tingkat Pelajar, guru dan Umum dengan hadiah total sebesar  RP 88.500.000.


Lomba ini bertujuan untuk memotifasi  masyarakat (publik)  untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone; memotifasi siswa  akan pentingnya bahan ajar atau media pembelajaran berbasi TIK sebagai  penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi; membentuk budaya  pembelajaran yang inovatif  dan kreatif bagi seluruh  siswa  melalui  bahan ajar ; memperkaya konten pendidikan  di internet.


Program mobile learning  merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan.  Keunikan dari model  ini adalah menggunakan alat  (device) handphone. Hal ini  mencoba  untuk memanfaatkan  handphone  sebagai  media  untuk belajar bagi siswa, guru  maupum masyarakat.


Dalam rangka sosialisasi  lomba dimaksud dilaksanakan dengan dua cara pertama  secara online melalui http://m-edukasi.kemdikbud.go.id, http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba, e-mail, Facebook, twitter, forum babaflash, blog, kaskus. Kedua   secara  offline melalui surat, iklan di media masa, publikasi melalui televisi edukasi, radio edukasi, banner, leaflet, poster dan pameran pendidikan.


Katagori  peserta  adalah  pelajar  SMP, SMA/SMK sederajat,  untuk katagori guru semua jenjang   dan katagori umum  mahasiswa atau masyarakat umum, (bersifat perorangan).


Persyaratan karya berupa program aplikasi handphone untuk pembelajaran mandiri;  karya adalah origional dalam ide  dan kreasi yang dapat dibuktikan  dalam penjurian; aplikasi boleh dikembangkan dengan platform  seperti  flash, flashite, java, android atau apapun software pengembangannya. Dalam program mencantumkan tema (judul) mata pelajaran, jenjang dan identitas; tema bebas  tetapi tidak boleh sama  dengan yang ada di sajikan dalam web resmi  http://m-edukasi.kemdikbud.go.id


Pelaksanaan tahap seleksi  dimulai sekarang   Februari  s-d  26 September 2014, sedangkan penyerahan hadiah  dilaksanakan pada  bulan Oktober  2014 yad, penyerahan  hadiah ini dikaitkan dengan   acara  Gebyar  Kita Harus Belajar (KIHAJAR )  tingkat Nasional   di Jakarta.


Hadiah berupa, piala, sertifikat, merchandide, uang  tunai  berdasarkan jenjang  untuk katagori  Pelajar,  juara 1  Rp.10.000.000, juara 2 Rp. 7.500.000, juara 3 Rp.5.000.000 dan terbaik 4-25 Rp. 2.000.000.


Kataori guru, hadiah berupa, piala, sertifikat, merchandide,  uang tunai  juara  1 Rp 12.000.000, juara 2 Rp.10.000.000, juara 3  Rp 7.500.000, dan terbaik 4-25  Rp. 2.500.000


Katagori umum, hadiah berupa, piala, sertifikat, merchandide, uang  tunai  juara  1 Rp 12.500.000, juara 2  Rp 10.000.000, juara 3 Rp 7.500.000 dan  terbaik  4-25  Rp. 2.500.000,  belum termasuk potong pajak.  Sumber Petunjuk Teknis  Pelaksanaan  Lomba Mobile Edukasi 2014. (Pandri@Wawan)

Last Updated on Monday, 24 February 2014 04:55
 

 

KOORDINASI PENINGKATAN SDM DI BIDANG TIK


kapustekkomKepala Pusat Teknologi Informasi  Dan Komunikasi  Pendidikan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia, Dr. Ir. Ari Santoso, DEA membuka secara remi, acara Koordinasi Peningkatan Sumber Daya Manusia di Bidang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  untuk pembelajaran. Acara dibuka hari Senin tanggal 17 Februari 2014.


Lanjut Ari, bahwa kegiatan koordinasi dilaksanakan bertujuan mensosialisasikan program pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi  untuk pembelajaran bagi semua jalur, jenjang,  jenis  pendidikan. Adapun materi  koordinasi  tentang;  Kebijakan umum TIK, Rumah Belajar, Konten Budaya, Komunitas, Pengembangan SDM, Pemanfaatan TV Edukasi dan Radio Edukasi maupun Pemanfaatan Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas).Ungkap Ari.


Peserta kegiatan  diikuti  sebanyak 50 orang  unsur pejabat  dari   Balai Tekkom Pendidikan Daerah  seluruh Indonesia  dan UPT Pustekkom Kemdikbud, kegiatan  berlangsung selama  empat hari mulai tanggal (17/20-2014) di Hotel Mirah Bogor, (Pandri@Wawan).

Last Updated on Tuesday, 18 February 2014 05:01
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 6 of 50
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.