Written by ADMIN   
Tuesday, 06 May 2014 07:20

Gubernur Pantau Pelaksanaan UN SMP/MTs

 

PANTAU UN: Gubernur NTB, TGH.M.Zainul Majdi didampingi Kadis Dikpora NTB, H.Imhal saat memantau pelaksaan UN di Mataram, kemarin. Sementara,  Indra sedang mengisi soal UN di lorong sal penyakit dalam RSUD. (Suara NTB/ist/arn)

Mataram (Suara NTB)


Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi menyatakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs sederajat berjalan cukup lancar dan bagus. Hasil pantauannya pada sejumlah sekolah di Kota Mataram di hari pertama pelaksanaan UN SMP/MTs, Senin (5/5) pagi kemarin, para siswa cukup nyaman melaksanakan UN karena pengaturan dari panitia termasuk kebersihan sekolah sangat bagus.


“Bagus pelaksanaannya lancar.  Yang paling penting adalah kenyamanan anak-anak. Saya lihat pengaturan bagus,anak-anak kita nyaman, bersih,” kata Gubernur NTB,  ditemui usai melakukan pemantauan di SMPN 2 Mataram.


Gubernur melakukan pemantauan UN tingkat SMP/MTs pada sejumlah sekolah diantaranya  MTs. Negeri 1 Mataram, SMPN 15 Mataram, SMPN1 Mataram dan SMPN 2 Mataram. Ia didampingi Kepala Dinas Dikpora NTB, Drs. H. Imhal, Kepala Disosdukcapil NTB, Drs. H. Bachruddin, M.Pd, Direktur Intelkam Polda NTB, Kombes Pol. Bagus Giri Basuki.


Zainul Majdi menambahkan, secara teknis seluruh perlengkapan yang diperlukan dalam menunjang pelaksanaan UN itu juga sudah ada. Seperti soal UN dan perangkat yang ada di dalam ruangan. Bahkan, setiap  ruangan sudah ada dua orang guru pengawas denagn sistem silang penuh.


‘’Jadi yang mengawasi dari guru sekolah lain. Kemudian ada pengawas dari Pemkot Mataram dan Kepolisian  menggunakan pakaian preman. Keamananan di sekitar sekolah juga saya lihat cukup bagus, baik MTs 1, SMP 15, SMP 1 dan SMP 2,”terangnya.


Gubernur mengingatkan faktor keamanan di sekolah merupakan sesuatu yang sangat penting. Untuk itu diharapkan adanya kesadaran bersama. Jika sedikit saja ditemukan adanya ketidakwajaran maka harus segera diselesaikan. ”Sehingga tidak menjadi sesuatu yang berat seperti yang terjadi di beberapa tempat. Jadi UN lancar, bagus,  alhamdulillah,’’pungkasnya.


Kepala Dinas Dikpora NTB, Drs. H. Imhal mengatakan, melalui UN tersebut diharapkan para siswa memperoleh peningkatan kompetensi. Dengan kompetensi maka diharapkan para siswa memperoleh ilmu pengetahuan. Pasalnya, dengan ilmu pengetahuan tersebut sangat penting dalam rangka meningkatkan kompetensi dalam mengisi kemerdekaan.


Dikatakan, untuk UN tingkat SMA/SMK/MA telah terlaksana dengan baik dan lancar.  Begitu juga untuk UN tingkat SMP/MTs dan Paket B, seluruh faktor pendukungnya sudah diterima oleh kabupaten/kota. Seperti naskah soal sudah  dicek oleh panitia dengan pengawalan dan pengamanan ketat aparat kepolisian sampai tingkat Polsek yang selanjutnya didistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara.


“Saya harapkan, anak-anak kita bisa mengikuti UN dengan baik dan tenang. Pelaksanaan berjalan baik dan hasilnya mendapat nilai yang paling baik. Mudah-mudahan anak-anak kita bisa melanjutkan ke sekolah yang dicita-citakan, demi untuk mencapai cita-citanya,”harapnya.Pan@One Sumber: http://www.suarantb.com

Last Updated on Tuesday, 06 May 2014 07:25
 
Written by ADMIN   
Tuesday, 06 May 2014 04:27

OLIMPIADE SAINS BAGI GURU  (OSNG)

 


BTKP. Kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui   Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd melalui surat edarannya  akan  menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional Guru  yang dilaksanakan  secara bertahap mulai  tingkat Kabupaten/Kota, dilanjutkan pada tingkat Provinsi dan tingkat  Nasional bulan September 2014 di – Jakarta.


Menurut Unifah, bahwa peningkatan kompentensi  dan kemampuan profesional guru menjadi salah satu ranah kebijakan pemerintah dibidang pendidikan. Kebijakan ini dibuat sebagian dari upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia pendidikan Indonesia agar mampu bersaing dalam era global.


Era global menuntut Sumber Daya Manusia   yang bermutu  tinggi dan siap berkompetisi, baik pada tataran, nasional,  regional, maupun Internasional  khususnya dibidang  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Untuk mewujudkan harapan tersebut  pusat pengembangan profesi pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP).


Adapun  seleksi lomba di tingkat Provinsi  Nusa Tenggara Barat,  dilaksanakan  melalui tes tertulis  pada tanggal 18 Juni 2014, secara serentak  (di Mataram). Soal disiapkan oleh  Pusat Pengembangan Profesi Pendidik yang mencakup  kompentensi  pedagogik  dan profesi atau penguasaan bidang studi, dengan berdasarkan pada cakupan  materi/kisi-kisi yang telah dipublikasikan  melaui website. http://pusbangprodik.org


Persayaratan peserta adalah  (a) Guru SD, SMP, dan SMA/ SMK yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau bukan PNS yang memiliki surat Keputusan sebagai Guru Tetap Yayasan (GTY). (b)  Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) (c). Tidak sedang mendapat tugas tambahan  sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau dalam sedang transisi  alih tugas ke unit kerja lainnya (d). mempunyai masa kerja sebagai guru secara terus-menerus, sekurang-kurangnya empat tahun,  dibuktikan dengan  SK CPNS  atau SK Pengangkatan bagi Guru  bukan PNS (e).  belum pernah meraih medali OSNG  (f). Memiliki kwualifikasi akademik  minimal Sarjana (S1) pendidikan/ non kependidikan, sesuai dengan bidang lomba atau bidang tugas yang diampu.


Bidang studi yang dilombakan sebagai berikut (a). Guru kelas  untuk guru Sekolah Dasar (b) Mapel  IPA dan Matematika  untuk guru SMP (c). Mapel Fisiska, Kimia, Biologi, Matematika  untuk guru SMA/SMK.


Sementara   peserta  untuk  seleksi  Provinsi  masing-masing  dari  Dinas Pendidikan  Kabupaten/Kota   sebagai berikut.  (a) Juara  1 Guru  kelas  untuk guru Sekolah Dasar  10 orang, (b). Juara 1 Mapel  IPA   untuk guru SMP 10 orang (c). Juar 1  Mapel  Matematika  untuk guru SMP  10 orang (d) Juara 1  Mapel Fisika  untuk Guru SMA/SMK  20 orang (e) Juara 1 Mapel Biologi untuk guru SMA/SMK  20 orang  (f) juara 1 Mapel Kimia untuk guru  SMA/SMK  20 orang  (g) Juara 1  Mapel Matematika  untuk guru   SMA/SMK  20 orang .


Pada bagian lain Unifah dijelaskan  dalam brosur OSNG, hadiah dan penghargaan  kepada para pemenang  di tingkat Kabupaten/ Kota   dan tingkat  Provinsi pengaturannya diserahkan  kepada Pemda  masing-masing, sementara  hadiah dan penghargaan  bagi pemenang tingkat nasional diberikan oleh Mendikud. (Pandri@Wawan).

Last Updated on Tuesday, 06 May 2014 07:10
 

PERUBAHAN JAM MASUK DAN PULANG KERJA

 

BTKP, H. Wahibullah S.IP,  Sekretaris Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat pada upacara bendera,pagi hari Senin tanggal 21 April 2014, bertempat di lapangan upacara Dinas Dikpora, dalam sambutannya menyampaikan instruksi Kepala Dinas Dikpora Provinsi NTB kepada seluruh karyawan dan karyawati yang hadir pada upacara bendera tersebut, tentang  perubahan jam kerja masuk kantor dan pulang kerja lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Wahibullah,  menyampaikan  bahwa  sesuai  surat edaran Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat  Nomor : 060/154/ORG tanggal 8 April 2014, diinformasikan  bahwa jam kerja pada lingkup pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, terhitung mulai tanggal 17 April 2014, perubahan jam masuk dan pulang  kerja  sebagai berikut.


Pertama; Hari kerja pada  Pemerintah Daerah NTB tetap 5 (lima) hari kerja mulai hari Senin sampai dengan hari Jumat dengan jumlah jam kerja efektif selama 37,5 jam perminggu diluar jam istirahat dan olahraga.


Kedua, Jumlah jam kerja efektif sebagaimana tersebut  dipergunakan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi kedinasan dan tidak boleh diganggu untuk kegiatan-kegiatan lain diluar kedinasan.


Ketiga, Jam masuk dan pulang kerja diubah sesuai dengan ketentuan (a) Hari Senin s.d Kamis Masuk kerja;  Pukul 07.30 Wita,  Istirahat;  Pukul 12.00 s.d 13.00 Wita dan  Pulang kerja; Pukul 16.00 Wita. (b)  Hari Jumat Masuk kerja;  Pukul 07.30 Wita (tidak ada apel pagi, langsung imtaq dan absen manual ditempat imtaq).   Imtaq mulai  dilaksanakan  Pukul 07.30 s.d 08.30 Wita;  Istirahat;  Pukul 11.30 s.d 13.30 Wita dan  Pulang kerja Pukul 17.00 Wita. (c)  Hari Jumat pada minggu ke-IV (empat) setiap bulannya dilakukan kegiatan olahraga di SKPD masing-masing mulai pukul 06.30 Wita. (d) Pada tanggal 17 disetiap bulan, seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB wajib melaksanakan upacara bendera di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat lengkap dengan pakaian Korpri.


Diakhir sambutan Wahibullah, menghimbau  kepada  seluruh  karyawan dan karyawati  yang hadir  pada upacara bendera agar dapat dilaksanakan dengan sunguh-sunguh.(Pandri@Adit@wAWAN).

Last Updated on Monday, 21 April 2014 06:54
 
Written by ADMIN   
Tuesday, 15 April 2014 01:41

Gubernur Pantau Ujian Nasional SMA/MA/SMK

 

Senin 14 April 2014 - Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi memantau hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional SMA/MA/SMK tahun 2014, di tiga sekolah yang berada di wilayah Kota Mataram, Provinsi NTB. Gubernur mengunjungi SMA N 1, MAN 1 dan SMK N 3 Mataram, didampingi Kapolda NTB Brigjend Pol. Moechgiyarto, Asisten Tata Praja dan Pemerintahan Setda Provinsi NTB, Dr. Rosiady Sayuti, Kepala Dikpora NTB Drs. H. Imhal dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov. NTB.


Pemantauan bertujuan untuk melihat secara langsung kesiapan pihak sekolah dalam menyelenggarakan Ujian Nasional. Agar tidak mengganggu konsentrasi siswa yang sedang mengerjakan soal, gubernur hanya memantau pelaksanaan ujian nasional dari luar kelas. Pada tiap sekolah, gubernur banyak menyakan berbagai hal dan meminta pihak sekolah agar betul-betul mendorong suksesnya pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2013/2014 ini.


Gubernur meyakini para siswa akan mampu mengikuti pelaksanaan ujian nasional dengan baik. Terkait kemungkinan adanya penyebaran kunci jawaban palsu yang selalu beredar tiap tahun menjelang pelaksanaan unjian nasional, gubernur menegaskan tidak perlu khawatir. “Saya pikir,  selalu sebelum UN itu kan ada isu penyebaran kunci jawaban. Tapi Anak-anak kita kan semakin imun-lah sekarang. Semakin paham kalau itu tidak benar,” ujar gubernur.


Berdasarkan data Dikpora NTB, jadwal pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun 2014 untuk SMA/MA/SMA/MAK/SMALB/Program Paket C dilaksanakan tanggal 14-16 April 2014. Sedangkan Ujian Nasional susulan pada 22 April-24 April 2014. Untuk jadwal Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB/Paket B/Wustha dilaksanakan pada 5-8 Mei 2014, UN susulan 12-16 Mei 2014. Jadwal Ujian Sekolah untuk SD/MI/SDLB/Paket A/Ula dilaksanakan tanggal 19-21 Mei 2014, dan Ujian Sekolah susulan dilaksanakan pada 26-28 Mei 2014. PAN@WAN-F(Jibenk)

 



Last Updated on Tuesday, 15 April 2014 02:23
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 6 of 52
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.