Written by ADMIN   
Monday, 30 June 2014 01:58

 

KUIS  KIHAJAR 2014


BTKP. Pusat Teknologi Informasi  Dan Komunikasi Pendidikan Kemeterian Pendidikan Dan Kebudayaan  Repubulik Indonesia, tahun  ini (2014)  akan menyelengggaranan  kuis  Kita Harus Belajar (KIHAJAR). Kuis  KIHAJAR   bertujuan  mengoptimalkan  pemanfaatan  Televisi  Edukasi (TVE), Radio Edukasi, dan Rumah Belajar  guna menumbuhkan budaya belajar dalam meraih prestasi  pendidikan.


Kuis KIHAJAR diperuntukkan  bagi siswa/siswi semua jenjang  pendidikan baik negeri maupun swasta  mulai dari  siswa/wi  untuk tingkat  SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA sederajat. Lanjut  lebih jelasnya  bila siswa/siswi  berminat untuk mengikuti  kuis tersebut bisa berkunjung  secara langsung   kealamat situs http://kihajar.kemdikbud.go.id/2014/ dan user  dilanjutkan pendaftaran  secara online pada  situs tersebut.


Pertama-tama siswa kunjungi  situs Kihajar,  klik menu register untuk memulai proses pendaftaran, isi dan lengkapi kolom yang tersedia  dengan catatan harus memiliki email pribadi siswa  yang masih aktif.


Selanjutnya setelah proses  registrasi selesai, maka  siswa dapat langsung login dengan cara memasukkan username dan pasword  pada kolom yang tersedia.  Sebelum mengerjakan soal atau menjawab pertanyaan  sesuai jenjang pendidikan  siswa  yang bersangkutan,   maka   diharuskan  untuk  mengisi biodata lengkap  pada  menu Profile sabagai identias  siswa  yang menunjukkan nama lengkap, asal, email, jenjang  pendidikan, asal provinsi, asal Kabupaten, alamat sekolah, serta nomor hp siswa ybs lalu di save, ini maksudnya  adalah  untuk menyimpan data  diri siswa diserver induk secara on-line, dan Kuis Kihajar  dibuka  sejak  Februari, ditutup pada bulan September 2014.


Selamat mengikuti kuis KIHAJAR semoga berprestasi !!! Pandri/Wawan/Adit.

Last Updated on Sunday, 06 July 2014 23:36
 
Friday, 27 June 2014 03:11

Dikpora dan Astra Resmikan

Rumah Pintar Handayani



WAGUBLB Post/BTKP. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB bersama Astra meresmikan Rumah Pintar Handayani yang terletak di Gomong Mataram, kemarin. Rumah Pintar ini didirikan oleh perusahaan yang tergabung dalam Group Astra Financial Service. Rumah Pintar diresmikan Kamis (26/6) oleh Wakil Gebernur (Wagub) NTB HM. Amin didampingi  Chief Excutive Officer (CEO) Astra Credit Companies (ACC) Jodjan Jody dan Kepala Dinas Dikpora NTB,  Drs.  H.  Imhal.


Wagub HM Amin, mengapresiasi dan menghargai upaya tanggung jawab sosial Astra yang memberikan pelayanan pendidikan bagi masyarakat. Rumah Pintar ini terbuka bagi siapapun untuk mengembangkan bakat dan minat dengan memberikan pelayanan pendidikan. Amin,  meminta Rumah Pintar ini memiliki manajemen  profesional  dan dikelola dengan bagus.

G3G6

G5G4


“Rumah Pintar ini akan dikhususkan bagi anak kurang mampu” katanya. Terkait anggaran dari APBD, kata Amin masih terbatas. Pasalnya banyak kebutuhan lain yang diprioritaskan, namun anggaran APBD dari Rumah Pintar pasti ada.


G7

G1

Dikatakan, IPM di NTB masih rendah. Untuk itu kehadiran Rumah Pintar ini bisa meningkatkan IPM di NTB. Program ini akan terus berlanjut dan diharapkan bisa meningkatkan minat baca dan pengembangan diri masyarakat. “Kita harus menjaga Rumah Pintar ini dan dimanfaatkan semaksimal mungkin,” terangnya.


Kepala Dinas Dikpora NTB H Imhal mengatakan, rumah pintar yang diresmikan ini akan dilengkapi buku, sarana komputer,  untuk mendukung pembelajaran. Rumah Pintar ini  akan ditekankan pada keterampilan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Dinas Dikpora NTB, Imhal akan memberikan guru di Rumah Pintar ini dengan pembayaran melalui bantuan operasional. Sebelum memberikan materi, terlabih dahulu guru akan mengikuti pelatihan yang  akan diberikan Dikpota NTB. “Untuk bantuan dari APBD akan disiapkan tahun 2015.” Katanya.


Sementara itu, CEO ACC mewakili Grop Astra Finacial Service Jodjana Jody menuturkan, pembangunan Rumah Pintar ini sejalan dengan catur darma Astra. Yakin menjadi asset yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Kami berharap Rumah Pintar Handayani ini dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat Kota Mataram. Sehingga dapat menjadi sarana untuk membangun masyarakat cerdas, inovatif, kreatif, mandiri dan sejahtera.” Paparannya.


Kata Jody, secara keseluruhan Grup Astra meresmikan 20 unit Rumah Pintar tersebar di sembilan provinsi. Salah satunnya di Nusa Tenggara Barat. Rumah Pintar ini merupakan salah satu bentuk Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) berupa penyediaan satuan pendidikan bagi masyarakat melalui berbagai suber belajar. Disamping itu, rumah pintar adalah pemberdayaan masyarakat yang dapat mewadahi berbagai kegiatan dimulai dari pendidikan anak usia dini, remaja, kaum perempuan hingga kelompok lanjut usia.


Dijelaskan, rumah pintar ini terdiri dari lima sentra, yakni sentra buku yang bertujuan untuk mengembangkan minat baca dan pengetahuan bagi anak-anak dan warga. Sentra bermain yang bertujuan untuk mengenalkan teknologi pada anak-anak dan remaja. Sentra audio visual untuk mengembangkan potensi internal dan intrapersonal pada anak guna membangun rasa percaya diri. Selain wadah ini bisa menggali kreativitas dan keberanian anak mengekspolarasi bakat dan minat. Sementara sentra kriya diperuntukan untuk memberikan keterampilan hidup dan vokasional bagi masyarakat. Sehingga diharapkan dapat menciptakan peluang usaha dan peluang kerja bagi masyarakat setempat.Sumber Lombok Post Jum’at 27/6 (Jay)@Pan@Wan

Last Updated on Monday, 30 June 2014 00:41
 

PEDOMAN PENGISIAN BLANKO IJAZAH SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014


PEDOMAN

 

CONTOH  PENGISIAN BLANKO  IJAZAH  TERLAMPIR  SILAKAN KLIK DISINI

DOWNLOAD DISINI

 


 
Written by ADMIN   
Friday, 13 June 2014 08:14

Kukuhkan Bunda PAUD

 

Pengukuhuhan Bunda Paud oleh Gubernur NTB, Dr TGH M. Zainul Majdi  kepada Hj. Erica Zainul Majdi yang berlangsung di halaman Kantor Dikpora NTB bersama siswa-siswa Anak Usia Dini tingkat  Provinsi NTB. (11/6)


Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi PTK PAUD non formal dan informal berprestasi se-NTB, semua ini dilakukan untuk lebih memperhatikan dan pengembangan terhadap tumbuh anak sebagai generasi mendatang.


Untuk program-program pembangunan SDM dibidang PAUDNI bertujuan untuk  meningkatkan perluasan akses memenuhi kebutuhan dasar manusia terhadap pendidikan, dan mendorong, menguatkan dan mencapai visi pendidikan nasional insan cedas kompetitif yang sejalan dengan visi nusa tenggara barat.


khusus di bidang PAUD, NTB telah memenuhi target nasional yaitu mendirikan satu paud di satu desa. data terakhir tentang pertumbuhan paud, menunjukan bahwa nusa tenggara barat telah mampu mencapai program PAUD-ISASI sebagai upaya mendorong pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap paud.


Zainul mengatakan , pendidikan PAUD hakekatnya seperti pondasi batu dalam sebuah bangunan keilmuan dan kepribadian anak dimasa-masa yang akan datang namum Zainul menambahkan untuk Pendidik PAUD masih tergolong tidak sesuai amal dan ilmu yang diberikan kepada anak-anak PAUD dengan hasil yang diterima sang pendidik.


“Insya Allah kita akan perhatikan dan tingkatkan kwalitas bantuan bagi para pendidik dengan komitmen pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota”. Pungkasnya.source http://ntbprov.go.id (Humas NTB).@wan

Last Updated on Friday, 13 June 2014 08:37
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 6 of 55
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.