Tuesday, 02 October 2012 03:04

RUMAH BELAJAR UNTUK SEMUA


rumah belajarBTKP. Sumber relleasse  laflet Pustekkom Kemdikbud. Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan,  dan ini  merupakan salah satu situs e-pembelajaran bagi dunia guru dan siswa untuk semua jenjang dalam satuan pendidikan, semua user bisa berkunjung ke alamat URL http://kemdikbud.go.id. Portal rumah belajar menyediakan berbagai bahan belajar serta fasilitas komunikasi dan interaksi antara komunitas pendidikan.Portal ini berisi bahan belajar untuk guru, bahan belajar siswa, wahana aktifitas dan komunitas atau forum, bank soal dan katalog media pembelajaran. Portal rumah belajar diharapkan  menjadi komunitas, dengan pengisian konten dan aktiftas dari dan untuk komunitas belajar, sedangkan Kemdikbud yang dalam hal ini Pustekkom sebagai inisiator, fasilitator dan regulator.


Portal rumah belajar dikembangkan untuk menfasilitasi sebagi kebutuhan siswa  dan guru SD/MI, SMP/M.Ts, SMA/MA/SMK. Kebutuhan tersebut antara lain; tersedianya berbagai bahan belajar berbasis web untuk pendidikan, terjadinya komunikasi dan kolaborasi antar komunitas pendidikan dan terbentuknya budaya belajar dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK) untuk pendidikan.


Layanan portal rumah belajar; menyediakan berbagai materi pengetahuan, memberikan ruang untuk saling berkomunikasi dan berbagai pengalaman secara firtual. Layanan ini memberikan alternatif media pendidikan yang sesuai dengan kondisi budaya dan lingkungan pendidikan di Indonesia. Keragaman materi belajar, model interaksi belajar dan kemasan konten yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dengan kata lain " Portal rumah belajar hadir dari dan untuk kita semua" dan motto " Belajar Untuk Semua".


Adapun manfaat; sebagai sumber bahan belajar, meliputi materi pokok; modul oneline; pengetahuan populer; bank soal/uji kompetensi; multimedia interaktif; a). Video On Deman (VoD) dan dapat di download dan digunakan sesuai kebutuhan  belajar, b) sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar individu pendidik antar peserta didik, antar sekolah terbagi ide dan pengalaman, berita, artikel  dengan penggunaan lainnya melalui fasilitas forum, serta untuk menampilkan profil sekolahnya sebagai subdomain rumah belajar. c) sebagai wahana pengembangan profesionalisme guru meliputi mengembangkan rencana pembelajaran di template RPP, mengembangkan bahan ajar yang sesuai kurikulum dan media pembelajaran (gambar, video, animasi, simulasi, audio, dan presentasi). PAN@WAN

Last Updated on Wednesday, 03 October 2012 11:35
 
Wednesday, 26 September 2012 03:31

 

Informasi Kuis Kihajar

 

BTKP. Pelaksanaan Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar)  di Nusa Tenggara Barat semakin dekat,  rencana  akan dilaksanakan  pada tanggal 20 Oktober 2012, dan tempat pelaksanaannya di kantor Dinas Dikpora pelaksanaan seminar tentang  aplikasi dan pendayagunaan Teknologi Informasi Komunikasi untuk Pendidikan (e-pendidikan).


Sementara seminar diisi paparan dan diskusi dengan para nara sumber dari pakar atau praktisi  TIK  dan pengguna (secara online) dengan tema  antara lain;


Strategi sinergi antar pemangku kepentingan  pendidikan tingkat pusat dan daerah;

Trend TIK terkini yang mampu mentrasnformasi dunia pendidikan;

Model dan strategi implementasi TIK terkini dalam pendidikan.


Bahwa dari ketiga tema tersebut patut disambut oleh semua pihak terutama para guru dan siswa sebagai user (pengguna)  mengingat dalam era arus iformasi dan komunikasi yang menerpa bagi tenaga pendidik dan kependidikan sangat membutuhkan akan pemanfaatan TIK untuk konten pembelajaran  yang berbasis online melalui dunia maya (internet), dan   dapat pula menggunakan media yang  lainnya  dalam  proses pembelajaran  di depan kelas,   bahwa guru dan siswa bisa melakukan akses melalui  koneksi intranet, ini merupakan jaringan komputer private yang menggunakan teknologi internet yang saling sambung menyambung satu sama lainnya.


Kuis Kihajar merupakan kompetisi antar pelajar berbentuk tanya jawab soal materi pelajaran tingkat SD,SMP, SMA sederajat melalui siaran televisi edukasi dan televisi lokal, info lebih lengkap  kunjungi  website. http://kihajar.kemdikbud.go.id. (PAN@WAN)


Download informasi :

1.DesainKegiatanPenghargaanTIK 2012
2.Lomba Media Pembelajaran
3.Juknis Kihajar 2012 .
4.File Presentasi Kihajar2012.
5.Seminar Pendayagunaan TIK Untuk Pendidikan
6.Seminar Tik Pendidikan 2012
7.Strategi Sinergi Tik Pendidikan
Last Updated on Monday, 05 November 2012 03:08
 
Tuesday, 25 September 2012 02:03

PELAKSANAAN KIHAJAR  AWARD DI MATARAM


BTKP. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud, rencana akan melaksanakan Anugrah Kihajar  (Kita Harus Belajar) dan Kuis Kihajar. Kegiatan masing-masing daerah telah terlaksana secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi sejak  bulan Agustus 2012.  Dan pelaksanaan tingkat Nasional (acara puncak) pada bulan Oktober 2012.  Penjadwalan  kegiatan KIHAJAR di  Nusa Tenggara Barat akan dilaksanakan di Kota Mataram  pada tangal 20 Oktober 2012.


Kihajar award adalah ajang kompetisi untuk menjaring Siswa yang berprestasi secara akademik mulai dari siswa/wi SD/MI, SMP/ M.Ts, SMA/SMK/MA, yang  bertujuannya adalah membudayakan kebiasaan belajar bagi siswa, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan minat belajar, kemampuan berfikir sistematis, kratif dan inovatif, menumbuhkembangkan dan membina mental yang sehat, memperluas jaringan silaturahmi antar siswa  serta menjalin komunikasi sesama siswa di seluruh tanah air Indonesia.


Kegiatan ini dibagi dua jenis pertama "Kuis Kihajar " pesertanya yaitu siswa mulai jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan menengah dan bagi pemenang lomba kuis maka akan bertanding lagi untuk mengikuti kuis kihajar di tingkat Nasional (jakarta) pada bulan November yang akan datang,  dan acara Kedua  "Seminar Nasional Kihajar "  pesertanya Guru-guru, dengan jumlah  pesertanya  kurang lebih delapan ratus orang.

 

Nara sumber dalam seminar berasal  dari Pusat dan daerah yang berpengalaman  dibidang  Pendayagunaan Teknologi Informasi  Dan Komunikasi (TIK)  untuk Pendidikan. 


Rencana penganugrahan KiHajar Awards 2012 tingkat Nasional, akan dilaksanakan secara terpusat di Istora Senayan Jakarta dan bagi Pemenang Lomba akan mendapatkan trofi atau piala bergilir dan hadiah menarik lainnya  dari Presiden RI. (PAN/WAN).

Informasi lebih lengkap dapat di baca pada lampiran . download


Last Updated on Tuesday, 02 October 2012 02:57
 
Thursday, 20 September 2012 00:31

PROSES PEMBELAJARAN PAUD DI TINGKATKAN

 

BTKP (20/9-12). Kamis jam 19.30 wita,  Kepala Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Lalu Syafi'i, MM, rencana akan membuka Oreantasi Teknis Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Hal ini dilaksanakan  sesuai amanat dalam undang-undang  Nomor 4 Tahun 1974,  tentang kesejahteraan anak bahwa proses  pembelajaran untuk  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tetap ditingkatkan bagi pengelola PAUD  se Nusa Tenggara Barat. Lanjut  bahwa kegiatan oreantasi teknis pembelajaran PAUD Tingkat Provinsi ini,  bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan tenaga pendidik  atau pengasuh dibidang pendidikan, kesehatan dan gizi agar dapat meningkatkan kecerdasan jamak bagi anak usia dini yang dititipkan pada lembaga PAUD.


paud


Pada bagian lain Kepala Bidang PAUD Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat,   Nuryanti SE, menjelaskan mekanisme dalam pelaksanaan  kegiatan antara lain; kebijakan pembinaan PAUD Nasional dan program bantuan Blocgrand APBN tahun 2012, tumbuh kembang anak 0-6 tahun, gizi dan perawatan anak 0-6 tahun, bermain pada usia  0-6 tahun, penataan lingkungan dan alat main, pengelolaan bermain, pendidikan parenting, pendidikan karakter, pembuatan rencana pembelajaran, penilaian dan pelaporan perkembangan anak, konsep dasar paud dan micro teaching. jelas Nuryanti.


Ketua panitai  Hj. Sudiarni  Siswaniatun, SE, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 50 orang utusan dari Kabupaten/Kota Se-Nusa Tenggara Barat kegiatan dilaksanakan selama lima hari mulai tgl 20 s.d 24 September 2012 di hotel Senggigi Lombok Barat Sementara nara sumber berasal dari Direktorat jenderal PAUDNI, Dinas kesehatan, Akademisi, IGTKI dan master trainer PAUD Provinsi Nusa Tenggara Barat.(PAN/WAN)

Last Updated on Thursday, 20 September 2012 03:47
 
<< Start < Prev 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Next > End >>

Page 30 of 55
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.