Thursday, 02 February 2012 03:17

WAYAN AYU ASMARAWATI  JUARA  PERTAMA

LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG



juara BTKP. Wayan Ayu Asmarawati siswi SMA Negeri 1 Kota Mataram keluar sebagai juara pertamajuara ke dua adalah Iman Wahyudi Indrawan siswa SMA Negeri 1 Mataram, disusul  juara ke tiga atas nama Fipeserta dan pembinatri Tjahyani dari SMA Negeri 2 Sumbawa dan juara harapan pertama yaitu Rade Chistiawati Sitor siswa SMA N egeri 1 Sumba wa Besar. Lomba pidato bahasa  Jepang setelah menyisihkan dua puluh orang rekannya,  yang berasal dari  sembilan  SMA se -Nusa Tenggara Barat,



acara pengesahanKepala Bidang Dikmen Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat,  H. Lalu Basri, M.Pd, ketikan acara pembukaan lomba menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan lomba pidato bahasa jepang adalah upaya peningkatan mutu pendidikan terutama bagi sekolah yang telah melaksanakan kurikulum  muatan lokal (mulok) bahasa Jepang di sekolah “ungkapnya”. Sementara tim juri  dalam pelaksanaan lomba tersebut adalah  warga negara yang berasal dari Jepang atas nama; Mr. Okuno, Mrs. Kadoi Junko, dan Ms. Sonoyama Satako.



juri

Ketua Panitia H. Edi Furqan, M.Pd. bahwa kegiatan lomba pidato bahasa Jepang ini  dilaksanakan oleh Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat kerjasama dengan PT.GREEN ENTERPRISE INDONESIA  CORPORATION,  yang di laksanakan pada tanggal 20 sampai dengan  21 Januari 2012, di Hotel GEIC GOLONG Desa Peresak Narmada Lombok Barat.  Dan  peserta lomba berasal  dari;  SMAN 1 Gerung, SMAN 1 Lembar, SMAN 1 Gangga, SMAN 1 Taliwang, SMAN 1 Sumbawa, SMAN 2 Sumbawa, SMAN 3 Sumbawa, SMAN 5 Kota Mataram, SMAN 3 Kota Mataram.

Hadiah yang diberikan kepada masing-masing juara berupa uang,  juara pertama sebesar Rp 800.000, juara kedua Rp 700.000, juara ketiga Rp. 500.000 dan juara harapan pertama Rp 400.000. (PAN/WAN).

Last Updated on Friday, 03 February 2012 08:05
 
Thursday, 26 January 2012 01:06

24 ORANG SISWA SMKN 1 BATUKLIANG

PRAKERIN DI BTKP


BTKP. Baru-baru ini Kepala Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Drs.Sukran, menerima sedikitnya 24 orang siswa dan siswi SMKN 1 Batukliang Kabupaten Lombok Tengah, melaksanakan prakerin di Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat, kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih tiga bulan mulai tanggal 9 Januari dan berakhir hingga tanggal 9 April 2012.


Kepala Balai

Lanjut Sukran, selama prakerin siswa dan siswi diharapkan akan melaksanakan berbagai macam program dan aplikasi tentang pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk desain, grafis, audio, visual dan jaringan. Dan siswa dan siswi tersebut sudah mendapatkan teori dibidang Teknik Komputer Jaringan, dan Multimedia di Sekolah. Oleh karenanya siswa bisa mendalami prakteknya di Pusat Sumber Belajar (PSB) Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan, ungkapnya.


Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah Implementasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sebagai Interprestasi Operasional Program “Link and Match” dimana esensi dari program ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tengggara Barat ini, adalah untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK sebagai sumber daya manusia yang handal dan professional.


Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) tersebut merupakan suatu rangkaian utuh dan tidak terpisahkan dalam pencapaian lulusan yang dibutuhkan untuk dunia kerja atau di dunia industri.


Kegiatan ini dilaksanakan oleh sekolah bersama-sama dengan institusi pasangan dituntut untuk dapat merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi, penyelenggara, pembelajaran di sekolah maupun di institusi pasangan agar pengelolaannya menjadi utuh dan bermakna serta syarat dengan nilai.


Selain itu terwujudnya pelaksanaan prakerin para siswa dan siswi ini, adalah atas dasar, hasil rapat Majelis Sekolah, hasil keputusan Pokja Prakerin SMK Negeri 1 Batukliang. siswa PSG


Sementara tujuan penyelenggara prakerin untuk,

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional (dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapanagn kerja).

  2. Memperkokoh “link and match” antara sekolah dengan dunia kerja.

  3. Meningkatkan efilen proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional.

  4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengamalan kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

Selama prakerin Tutor memberikan materi kepada siswa antara lain;

  1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Merakit Personal computer Merancanakan kebutuhan dan spesifikasi, Melakukan instalasi komponen PC, Melakukan keselamatan kerja dalam merakit computer, Mengatur komponen PC menggunakan sofwere (malalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi). Menyambung peripheral menggunakan Sofwere, Memeriksa hasil perakitan PC dan memasang periferal.

  2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar; Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi,Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual.Mengecek hasil instalasi menggunakan softwere (sampling) Melakukan troubleshooting.

  3. Membuat basis data; Mengidentifikasi strusktur hirarki basis data, Menjelaskan Entity Relation Diagram (ERD), Menerapkan database manajement system (DBMS).

  4. Menerapkan aplikasi basis data; Menjelaskan jenis perintah SQL,Membuat table basis data, Menepakan query pada basis data, Menerapkan macro pada basis data, Membuat report.

  5. Memahami program visual berbasis destop; Menjelaskan IDE aplikasi bahasa pemograman, Menjelaskan objek aplikasi bahasa pemograman, Menjelaskan user interface aplikasi bahasa pemograman, Menjelaskan tipe file, Menjalankan aplikasi.

  6. Menerpakan teknik elektronika analog dan digital; Menerapkan teori kelistikan, Mengenal komponen elektronika, Menggunakan konsep elektronika digital, Menerapkan konsep elektronika digital, Menerapkan elektronika digital untuk komputer.

  7. Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC; Mengindentifikasi macam-macam dan fungsinya, Melakukan tindakan korektif.

  8. Mendiagnosis permasalahan pengoprasian PC dan peripheral; Mengindentifikasi masalah melalui gejala yang muncul, Mengklasifikasikan masalah berdasarkan kelompoknya, Mengisolasi permasalahan.

Kepala Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Drs. Sukran menjelaskan bahwa prakerin ini adalah angkatan ke tiga. Sementara angkatan kedua berahir bulan Januari 2012 sebanyak 16 orang siswa dari SMK Muhammadiyah Kota Mataram dan SMKN 1 Lingsar Narmada Kabupaten Lombok Barat, Jurusan Multimedia dan Jaringan. Dan angkatan pertama berakhir pada bulan Juni 2011 sebanyak 24 orang siswa dari SMK Darul Falah Kota Mataram.


Pada bagian lain bahwa Prakerin ini adalah merupakan materi untuk menghadapi ujian kompetensi sebagai bekal siswa/siswi dalam menghadapi ujian nasional yang dilaksanakan oleh Sekolah masing-masing. siswa PSG


Salah satu siswi yang sedang melaksanakan prakerin dari SMKN 1 Batukliang, yang masih duduk dikelas XI ini, “Dania Sarbini” mengakui bahwa di minggu ke tiga prakerin mengatakan sudah mendapatkan praktek antara lain, Install Windows, Linux, Program Aplikasi, membuat UltraIso cdWindows, UltraIso USB Linux, Adobe Photoshop, Adobe Premiere Pro, Editing Video Lipsing, USB dan masih banyak lagi yang lain.”ungkapnya”. (PAN/WAN/ RIMA)

Last Updated on Thursday, 26 January 2012 01:49
 
Friday, 20 January 2012 01:41




Let’s beat the champions!

Peserta Indonesia Merebut Medali Emas 1st WoPhO

Tim Humas WoPho


BTKP. Pada pelaksanaan Olimpiade Fisikan Tingkat Internasional Tahun 2011, tim Indonesia berhasil merebut 2 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu dalam 1st WoPhO 2011 yang berlangsung di Mataram, Nusa Tenggara Barat 28 Desember 2011, hingga 3 januari 2012, bertempat di Lombok Raya Hotel .


christian

 

Medali emas ini diperoleh oleh Christian George Emor yang tahun 2010 peraih medali emas di Internasional Physics Olympiad Zagreb, Kroasia dan Evan Laksono peraih medali emas pada APhO 2011 di Tel Aviv, Israel. Cristian George Emor juga menyabet predikat The Best Host participant untuk WoPhO 2011 dan mendapat hadiah sebesar $ 5.000 dari Blibli.com.


Tidak hanya itu Dr. Oki Gunawan alumni TOFI 1993 berhasil merebut hadiah senilai $ 25.000 darii Bank Maya pada Internasional, Tbk, karena ia berhasil membuat soal eksperimen “A Rotary Magnetic Drag system for conductivity Measurement “ yang menurut tim Juri sangat luar biasa.


Yang lebih mengejutkan adalah Edwin Handoko Tanin, seorang siswa SMA bersama Andika Putra (alumni TOFI 2004) berhasil meraih hadiah senilai $ 25.000 dari PT Medco Energi Internasional Tbk, karena soal eksperimen yang dibuatnya “Experiments on Granular Material” dinilai luar biasa. Edwin, luar biasa karna yang memenangkan hadiah-hadiah untuk soal ini biasanya adalah S3 atau Profesor yang sangat mampu dalam Fisika.


125 peserta wopho

 

Pada World physics Olympiad (1st WoPhO) yang diikuti oleh 125 peserta dari 15 negara ini, tiap peserta diminta untuk menyelesaikan 3 soal teori dan 2 soal eksperimen. Soal-soal ini dibuat lewat lomba yang memberikan hadiah sebesar $ 20.000 untuk soal teori dan $ 25.000 untuk soal eksperimen. Nilai tertinggi untuk WoPhO diraih oleh Yi Kexin peserta asal China (peraih medali emas IPhO 2011), Yi Kexin juga meraih predikat The Best Theory. Peraih nilai experiment tertinggi adalah Eugen Hruska peserta asal Jerman. Pertandingan WoPhO ini berjalan sangat lancar, sukses dan sangat tertutup khusus untuk pengerjaan soal. WoPhO 2011 terdiri dari 2 sesi; tes teori pada hari pertama (29 Desember 2011) peserta diberi waktu 5 jam untuk mengerjakan 2 soal teori.


peraih medali perungguSelain itu medali lainnya disumbangkan oleh tim Indonesia adalah Samuel Wirajaya berhasil meraih medali perak, Limiardi Eka Sancerio berhasil medali perak, Mikael berhasil meraih medali perunggu, Himawan Wicaksono Winarto meraih medali perunggu, Albert Datui meraih medali perunggu, Raditya Weda Bomantara meraih medali perunggu, Aryani Paramita meraih medali perunggu, Indhika Fauzhan Warsito meraih medali perunggu, Radhian Ferel Armansyah meraih medali perunggu.


Sistem penilaian setiap nomor yang dikerjakan oleh siswa diperiksa oleh 4 orang juri, kecuali soal teori nomor.1 diperiksa oleh 3 juri. Setelah selesai pemeriksaan setiap kelompok juri akan merundingkan penilaian setiap siswa , jika ada perbedaan penilaian maka akan ada pembahasan di antara para juri. Setelah urutan nilai siswa sudah di peroleh semua , maka diadakan pertemuan juri untuk menentukan batas untuk perolehan medali emas , perak dan perunggu.


Dari pembahasan ini di putuskan terdapat 11 siswa meraih medali emas, 12 siswa meraih medali perak dan 11 siswa meraih medali perunggu .Tim juri terdiri dari 19 orang yang antara lain; 5 orang juri pembuat soal Prof . Mate Vigh dari Hungaria, Dr . Viktor Ivanov dari Bulgaria, Prof. Ruo Peng Wang dari China, Dr. Oki Gunawan dari Indonesia dan Erwin handoko Tanin dari Indonesia. Lima orang juri dari STKIP Surya yang antara lain Dr. Herry Kwee, Dr. Zainul Abidin , Dr. Jong Anly Tan , Dr. Alexander Silalahi.


sembilan juriSembilan orang juri international dan international board terdiri dari Dr. Hans Jordens selaku President International Phisics olympiad , Prof. Gyula Honyek dari Hungaria , Prof. Jan Mostowski dari Polandia , Prof. Andrzej kotlicki dari Canada, Prof. Anton Mishchuk dari Belarus, Prof. Jaan kalda dari Estonia, Yudistira Virgus, MS dari Indonesia, Prof. Nguyen The Khoi dari Vietnam, dan Prof. Dmitry Alexandrov dari Rusia.


Penyerahan medali perunggu akan dilakukan oleh Bapak Drs. H. Lalu Syafi’I, M.M selaku Kepala Dinas DIKPORA Provinsi NTB, sedangkan medali perak akan diserahkan oleh Bapak Ir. H.Badrul Munir, M.M, Wakil Gubernur NTB. Khusus untuk penyerahan medali emas akan diserahkan oleh masing-masing donor sesuai dengan nama yang sudah terukir diatas medali emas yang terbuat dari Kristal, antara lain Hermawan Kartajaya, G. Sulistianto, Anugerah Pekerti, Hadi Surya, Yayasan A & A Rachmat, Kabupaten Manokwari, INDOCEMENT, PT AKR Corporindo Tbk, Ganesha Operation, PT Metland Tbk.


predikat The Real Winner Of The Physics Olympiads Sedangkan peserta yang meraih predikat The Real Winner Of The Physics Olympiads diberikan oleh K.TGH. Dr. Muhammad Zainul Majdi dengan hadiah yang akan diterima pemenang $ 15.000, The Best of The Best Experimental Result diberikan oleh Ones Pahabol dengan nilai hadiah $ 7.500 dan peraih predikat The Best of The Best Theoretical Result diberikan oleh Dr (HC) John Tabo, MBA dengan nilai hadiah yang diberikan untuk pemenang $ 7.500.


Untuk pemenang pembuat soal yang terdiri dari 3 soal teori dan 2 soal experiment. IPEKA Christian School akan memberikan hadiah untuk pembuat soal teori No.1 dengan judul soal “Why Maglev Trains Levitate” dengan nilai hadiah $ 20.000 kepada Prof. Mate Vigh, Eka Tjipta Foundation akan memberikan hadiah untuk pembuat soal teori No.2 untuk judul soal “Motion of a Rolling Rod” dengan nilai hadiah $ 20.000 kepada Dr. Victor Ivanov dan untuk soal teori No.3 akan diberikan oleh Bapak Edwin Soeryadjaya dengan nilai hadiah yang akan diberikan $ 20.000 dengan judul soal “Mirage” kepada Prof. Ruo Peng Wang.


pembuat soal eksperimenPihak PT Medco Energi Internasional, Tbk akan memberikan hadiah kepada pemenang pembuat soal experiment No.1 dengan judul soal “Experiment on Granular Material “ dengan nilai hadiah $ 25.000 dan PT Bank Mayapada Internasional, Tbk akan memberikan hadiah untuk pembuat soal No: dengan judul soal “A Rotary Magnetic Drag system for conductivity Measurement“ dengan hadiah yang akan diberikan $ 25.000.


Usai pemberian hadiah kepada para pemenang WoPhO 2011, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH.M. Zainul Majdi M.A, kemudian akan memberikan “ tongkat estafet “ kepada tuan rumah WoPhO 2012 yaitu kepada Bupati Manokwari. WoPhO 2011 resmi ditutup tanggal 2 Januari 2012 dengan ditandai pemukulan gong oleh Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Acara ini terselenggara atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak Dr. TGH. M. Zainul Majdi, Bapak Ones Pahabol, MEDCO, PT Bank Mayapada Internasional Tbk, Eka Tjipta Foundation, IPEKA Christian School, Blibli.com, Bapak Hermawan Kertajaya, Bapak Gandi Sulistianto, Bapak Anugerah Pekerti, Bapak Hadi Surya, Yayasan A & A Rachmat, Kabupaten Manokwari, INDOCEMENT, PT AKR Corporindo Tbk, PT Metland Tbk, Ganesha Operation, PT Barito Pacific Tbk, PT Kandel, SURE Indonesia dan semua pihak yang turut mendukung lomba ini.


surya InstitutBahwa acara WoPho ini didukung sepenuhnya oleh Surya Institute (SI) yang didirikan pada tahun 2006 oleh Prof. Yohanes Surya, PhD, dengan misi upaya mereformasi pendidikan sains dan matematika di Indonesia. Upaya SI mengarahkan metode pembelajaran sains dan matematika yang Gampang, Asyik dan menyenaNGkan (GASING), sehingga apa yang dipelajari oleh para siswa akan merupakan bekal yang mempersiapkan mereka untuk berprestasi di dunia kerja kelak. Surya Institute (S1), juga percaya bahwa dengan kemajuan dalam pendidikan sains dan matematika, Indonesia kelak akan mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas tinggi yang akan memberikan sumbangsih sebesar besarnya pada masyarakat, baik secara lokal maupun Internasional. Kata “Surya” untuk mencapai hal tersebut, selain penelitian serta pengembangan materi dan metode, SI juga bekerja sama dengan pemerintah pusat maupun daerah serta sekolah sekolah untuk melatih guru guru diseluruh Nusantara.


Acara ini turut dihadiri oleh anggota board dari WoPhO, juri Internasional WoPhO, para MUSPIDA Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bupati Kabupaten Monokwari dan para Sponsor, rekan-rekan dari sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan, teman-teman media cetak dan elektronik, Kepala SKPD terkait ,serta Kepala Sekolah Se- Kota Mataram. (PAN/WAN).


Nama Peraih Medali WoPho 2011

No

Nama

Asal Negara

Prestasi

1

Yi Kexin

China

Meraih medali emas sekaligus menyabet The Real Winner of The Physics Olimpiads plus meraih The Best of the Best Theoretical Result

2

Ants Remm

Estonia

Meraih medali emas

3

Eugn Hruska

Germany

Meraih medali emas sekaligus menyabet predikat The Best of The Best Eksperimental

4

Attila Szabo

Hungary

Meraih medali emas

5

Danila Parinov

Rusia

Meraih medali emas

6

Christian George Emor

Indonesia

Meraih medali emas sekaligus menyabet predikat Best of The Best Host Participant

7

Lin Sen

Singapore

Meraih Medali Emas

8

Jan Pulman

Slovakia

Meraih Medali Emas

9

Li Kewei

Singapore

Meraih Medali Emas

10

Evan Laksono

Indonesia

Meraih Medali Emas

11

Lev Arzamasskiy

Russia

Meraih Medali Emas

12

Ivan Ivashkovskiy

Russia

Meraih Medali Perak

13

Tan Zong Xuan

Singapore

Meraih Medali Perak

14

Samuel Wirajaya

Indonesia

Meraih Medali Perak

15

Wojciech Tarnowski

Poland

Meraih Medali Perak

16

Katerina Marinova Naydenova

Bulgaria

Meraih Medali Perak

17

Limidi Eka Sancerio

Indonesia

Meraih Medali Perak

18

Adam Wyrzkowski

Poland

Meraih Medali Perak

19

Nurzhas Aidynov

Kazakshstan

Meraih Medali Perak

20

Konstantin Martynov

Belarus

Meraih Medali Perak

21

Momchill Molnar

Bulgaria

Meraih Medali Perak

22

Phillip Schmitt

Germany

Meraih Medali Perak

23

Kaisarbek Omirzakhov

Kazakshstan

Meraih Medali Perak

24

Egor Shel

Rusia

Meraih Medali Perunggu

25

Bertold Beres

Hungary

Meraih Medali Perunggu

26

Mikael

Indonesia

Meraih Medali Perunggu

27

Himawan Wicaksono Winarto

Indonesia

Meraih Medali Perunggu

28

Chau Tsz Ki

Hongkong

Meraih Medali Perunggu

29

Albert Datui

Indonesia

Meraih Medali Perunggu

30

Raditya Weda Bomantara

Indonesia

Meraih Medali Perunggu

31

Mahmet Said Onay

Turkey

Meraih Medali Perunggu

32

Aryani Paramita

Indonsia

Meraih Medali Perunggu

33

Indhika Fauzan Warsito

Indonsia

Meraih Medali Perunggu

34

Radhian Farel Armansyah

Indonsia

Meraih Medali Perunggu

Sumber . Tim Humas WoPho 2011

Last Updated on Thursday, 26 January 2012 01:22
 
Monday, 02 January 2012 00:37

Olimpiade Fisika di Mataram Diikuti Siswa Dari 15 Negara


 

KADIS DIKPORA PROVINSI NTBSedikitnya 140 0RANG siswa SMA dan SMP yang berasal dari 15 negara mengikuti lomba World Physics Olympiad (WoPho) di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Para peserta itu adalah yang masuk dalam babak final setelah lolos mengikuti tahapan seleksi yang dimulai Januari hingga November 2011.


Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Syafi’i, Rabu (28/12/2011), di Mataram, kompetisi tahunan terbaru dari kompetisi bidang biologi, matematika, dan lainnya berskala dunia yang dikenal. WoPho ini lahir atas ide dari Internasional Physics Olympiade dan Asian Physic Olympiad yang pesertanya siswa SMA dan SMP sederajat.


Adapun penyelenggaraan final WhoPhO yang berlangsung 28 Desember 2012 hingga 3 Januari 2012 di Mataram, dan acara pembukaannya pada Rabu (28/12/2011) malam ini, diprakarsai Prof Johanes Suryo, yang kerapkali membawa anak asuhnya meraih juara dalam kompetisi bidang fisika di tingkat dunia.F


Sebanyak 26 finalis itu berasal dari Turki, China, Kazakhstan, Slowakia, Hongkong, Hongaria, Rusia, Bulgaria, Belarusia, Singapura, Jerman, Polandia, Brasil, dan Estonia. Di luar finalis, tercatat 99 siswa/siswi dari Indonesia sebagai partisipan, ditambah 15 siswa SMA/SMP dan sederajat asal NTB.


Syafi’i mengatakan, juara dalam lomba disediakan hadiah berupa medali (emas, perak, dan perunggu), di samping hadiah uang, antara lain untuk juara pertama sebesar 20.000 dollar AS, serta mendapat beasiswa di perguruan tinggi kelas A. Bagi pemenang yang meraih the best theoriytical result dan the best experimental result juga berhak atas hadiah masing-masing 10.000 dollar AS.(PAN/WAN)

Last Updated on Monday, 02 January 2012 00:47
 
<< Start < Prev 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Next > End >>

Page 30 of 50
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.