Monday, 19 December 2011 23:57

WAKIL GUBERNUR NTB H. BADRUL MUNIR, MM

MEBUKA ACARA DIALOG PUBLIK

 

wagubWakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Drs. H. Badrul Munir MM, membuka acara secara resmi acara dialog publik selama sehari yang berlangsung di Kantor Bupati Sumbawa pada tanggal 15 Desember 2011, acara dialog publik tersebut dirangkaikan dengan hari Ulang Tahun Provinsi Nusa Tenggara Barat yang ke 53 pada tanggal 17 Desembar 2011.


Dalam sambutan Badrul Munir menyampaikan berbagai pesan kepada peserta yang hadir dalam acara tersebut antara lain; bahwa melalui dialog ini ada koreksi dari masyarakat terhadap hal-hal yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, maka perlu ada masukan dalam rangka perbaikan sebagai bahan koreksi untuk melaksanakan pembangunan di daerah Nusa Tenggara Barat yang akan datang. Melalui acara dialog hari ini pemerintah telah siap untuk di kritisi dan diharapakan kritikan tersebut disertai dengan wujudnya. Dan Kritisi tersebut ibarat kita minum jamu pahit namun bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang ada dalam tubuh kita, ungkannya.

kbalai

Lanjut Badrul dengan harapan dalam membangun daerah Nusa Tenggara Barat, kita semua punya andil masing-masing mulai dari tukang sapu, birokrasi, guru, perawat, petani dan lain-lainya, dan ingat kata wagub kita tidak boleh tinggi hati, dalam melaksanakan amanah ini, demi terlaksanaknya pembangunan yang kita harapkan bersama, jelasnya.



Ketua Panitia H. L. Moh. Faozal, S.Sos.M.Si, dalam laporannya bahwa acara dialog publik dan obrolan bareng, dalam susunan acara kegiatan pada sesi pertama masing-masing ;


kadisDinas Dikpora, Dinas dengan tema dialog, Absano, Adono dan Bebas Pungutan Sekolah, (MATERI KADIS DIKPORA) Dinas Kesehatan dengan tema; Akino dan Kualitas Kesehatan Masyarakat, BPMPD tema PNPM Generasi Sehat dan Cerdas ; sesi kedua adalah Dinas Pertanian Dan Tanaman Pangan dan Holtikultura tema Membumikan Jagung dan Melebur Pasar, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tema Bumi Sejuta Sapi dan Masa Depan Peternakan NTB, sesi ke tiga; yakni BAPPEDA dengan tema NTB Bersaing Untuk Pertumbuhan Ekonomi, Dinas PU tema Percepatan Infrastruktur, Dishubkominfo tema Media Informasi Melalui Kampung Media. Kegiatan dimulai pukul 09.00 hingga 13.30 wita, acara dialog publik disiarakan langsung RRI Mataram kerjasama dengan TVRI, yang dihadiri oleh Kepala SKPD, Kepala UPTD, Pejabat eselon tiga lingkup Provinsi, Pejabat lingkup Pemda Kabupaten/Kota Se NTB, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya. (PAN/WAN)

Last Updated on Tuesday, 20 December 2011 00:20
 
Friday, 18 November 2011 03:03

 

PELAKSANAAN OLIMPIADE FISIKA TINGKAT INTERNASIONAL DI MATARAM


Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Badrul Munir, MM. menyatakan siap dan tertarik sekali tentang olimpiade Fisika karena dalam melaksakanakan World Physics Olympiad (WoPho) di bidang Fisika tahun ini adalah yang pertama kali dilaksanakan tingkat internasional, hal ini setelah mendengarkan laporan Kepala Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Lalu Syafi’i, MM, kemarin siang Kamis 17 November 2011, di ruang kerjanya. Harapan Badrul selama kegiatan perlombaan diperkenalkan juga kepada peserta tentang berbagai unggulan Daerah Nusa Tenggara Barat; seperti wisata kuliner yakni berbagai ciri khas makanan daerah antara lain disebutkan babalong dan lainnya, panorama alam karena Nusa Tenggara Barat kaya akan pariwisata dengan pantai yang cukup bagus, serta budaya daerah kita, jelasnya.


Dalam kesempatan yang sama pula bahwa Kepala Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Lalu Syafi’i M.M, melaporkan Kepada Wagub bahwa pelaksanaan olimpiade Fisika Tingkat Internasional tahun ini yang memperoleh kesempatan adalah di laksanakannya di Kota Mataram, dan hal ini adalah yang pertama kali, tutur Syafi’i.

 

Sementara Lukman Niode B. Arch, M.Lp, dari Lembaga Nan Unggul Indonesia (LNI) sebagai pelaksana dalam perlombaan olimpiade Fisika tingkat Internasional, peserta lomba berasal oleh 30 (tiga puluh) negara dengan rincian masing-masing negara mengutus 10 (sepuluh) orang. Lanjut Lukman bahwa lomba ini pesertanya adalah dari kalangan siswa siswi SMP,SMA dan Mahasiswa, bertujuan pertama adalah memberikan kesempatan kepada peserta didik yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah di tingkat SMP, SMA maupun di PT, kedua memasyarakatkan Fisika, ketiga mendayagunakan teknologi berbasis internet karena bentuk soal teori lomba sudah tersedia secara online melaui situs www.wopho.org , serta memajukan dan memasyarakatkan science.

Last Updated on Friday, 18 November 2011 03:18
Selengkapnya....
 

TAYANGAN PROGRAM ACARA TV EDUTAINMENT

 

BTKP. Ari Santoso, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud dalam surat edarannya yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan di seluruh Indonesia Nomor.4706/P2.4/KP/20011 tanggal 2 November 2011, bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Informasi dan Humas (PIH), akan menayangkan program TV Edutainment mengenai Pendidikan Karakter bertema Peningkatan Kreatifitas melalui stasiun televisi ANTV.

Sebagai informasi bahwa jadwal tayang sebanyak 13 episode, yang akan dilaksanakan sebagai berikut:

 

NO BULAN / TAHUN HARI TANGGAL PUKUL
1 NOVEMBER 2011 SABTU 5 09.00-09.30 WIB
2

NOVEMBER 2011

MINGGU 6,13,20,27 08.00-08.30 WIB
3 DESEMBER 2011 KAMIS 1 11.00-11.30 WIB
4 DESEMBER 2011 MINGGU 4 08.00-08.30 WIB
5 DESEMBER 2011
KAMIS 8 11.00-11.30 WIB
6 DESEMBER 2011 MINGGU 11 08.00-08.30 WIB
7 DESEMBER 2011 KAMIS 15 11.00-11.30 WIB
8 DESEMBER 2011 MINGGU 18 08.00-08.30 WIB
9 DESEMBER 2011 KAMIS 22 11.00-11.30 WIB
10 DESEMBER 2011 JUMAT 23 10.30-11.00 WIB

Sumber : Informasi PIH Kemdikbud.

 

Harapan Ari Santoso, agar pegawai, guru, orang tua dan putra-putrinya maupun masyarakat diseluruh jajaran pada lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga tingkat Provinsi / Kabupaten / Kota di seluruh Indonesia, supaya mengikuti dan menonton acara tayangan inspiratif di channel ANTV. (PAN,ADIT,OPIQ).

Last Updated on Wednesday, 09 November 2011 04:56
 
Thursday, 13 October 2011 05:54

 

BELUM TERSENTUH BANTUAN
BANYAK SEKOLAH TERPENCIL MEMPRIHATINKAN


Suara NTB/BTKP. Ruang kelas nyaman dengan bangunan sekolah bertingkat serta dinding yang dihiasi keramik menjadi hal yang mustahil ditemukan di ratusan sekolah terpencil di NTB. Jangankan ruang kelas nyaman, dinding penyekat antarkelas bahkan tak ada. Tak hanya itu, ada pula sekolah yang sejak berdiri tahun 1970-an baru sekali direhab dengan atap hampir rubuh. Yang lebih memprihatinkan, kondisi sekolah yang berdiri di atas tiang-tiang tanpa ada dinding. Hanya ada plang nama sekolah yang bisa menandakan bahwa tempat itu adalah sekolah.


Itulah kondisi SDN 3 Rembitan yang berada di Dusun Rebak, Kecamatan Pujut Lombok Tengah (Loteng). Kondisi sekolah ini sangat memperihatinkan. Bangunan sekolah dengan dinding gedek bolong tanpa sekat antara kelas yang satu dengan kelas yang lain menjadikan siswa-siswi belajar dalam situasi yang tidak kondusif.


Dulunya sekolah ini berdiri atas inisiatif warga sekitar karena melihat masih banyaknya anak-anak yang tidak bersekolah. Sementara sekolah yang ada selain lokasinya jauh juga tak mampu lagi menampung seluruh siswa usia sekolah. Namun saat ini kondisinya masih jauh dari kata layak, masih banyak dinding-dinding gedek yang berlubang serta tak adanya sekat antara kelas yang satu dengan yang lain.


sd terpencil

SD berstatus negeri yang lokasinya 12 Km dari BIL (Bandara Internasional Lombok), nyatanya tak semegah mega proyek yang dibanggakan masyarakat NTB itu. Sekolah ini sering dijuluki sekolah RB oleh masyarakat sekitar. ‘’RB adalah istilah rombengan dalam bahasa Sasak,” terang Baiq Sri Suharni, guru Kelas 5 SDN 3 Rembitan.


Saat ini lahan sekolah merupakan lahan pinjaman dari warga. Telah ada tanah yang dibebaskan yang rencananya akan dibangunkan sekolah. Namun meski beberapa kali telah mengajukan proposal ke Dikpora Kabupaten Loteng, permintaan itu terkesan tak digubris karena hingga kini belum ada sama sekali bantuan untuk perbaikan sekolah.


Hingga kini bantuan yang ada hanya dana bantuan dari masyarakat, kepala desa setempat. ‘’Katanya dijanjikan akan dibangunkan kelas pada Agustus 2011. Tapi sampai sekarang hanya janji saja,’’ terang Sri Suharni.


sd terpencilSama halnya dengan nasib SDN 1 Batu Jangkih yang berdiri sejak tahun 1970. Bangunan ini adalah bangunan SD tua yang sejak tahun berdirinya baru satu kali tersentuh rehab. Itu pun dilakukan tahun 1982 dan kondisinya saat ini rusak berat. Atap bangunan sudah lapuk dan banyak genteng yang jatuh. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan, khususnya bagi siswa-siswi yang sedang belajar di dalam kelas.

“Kita mengharapkan perhatian pemerintah agar segera diperbaiki, sebelum menimbulkan korban” harap Kepala SDN 1 Batu Jangkih L. Tahir Jamir.


Karena kondisi atap yang memperihatinkan, tak jarang kelas tergenang saat hujan karena atap yang bocor. Air pun masuk ke dalam ruangan kelas. Namun meski harus menggeser tempat duduk setiap kali turun hujan, semangat siswa-siswi untuk belajar tetap tinggi.


Kondisi yang tak jauh berbeda adalah SDN 9 Buwun Mas, Sekotong Lombok Barat. SD ini hampir tak layak disebut SD karena bangunan sekolahnya hampir tak ada. Hanya ada tiang-tiang penyangga serta atap asbes tanpa ada satupun dinding yang melindungi. Kambing dan sapi pun bebas keluar masuk kelas karena tidak ada pintu atau dinding yang menghalangi ternak itu ikut ‘’sekolah’’.


Hanya ada plang nama sekolah bercat putih yang disandarkan di depan sekolah yang menunjukkan bahwa bangunan tersebut merupakan bangunan sekolah. Bahkan bangunan yang disebut sekolah ini pernah rubuh tiga kali karena tertiup angin. “Sudah tiga kali ambruk dan berpindah tempat” terang Malah Sukanda salah satu guru SDN 9 Buwun Mas.

sd terpencil

Karena banyaknya investor yang bergerak di bidang pertambangan emas, pihak sekolah katanya telah melayangkan proposal ke beberapa perusahaan itu. Namun hingga kini belum ada bantuan yang cair. Pihak sekolah mengaku belum pernah mencoba mengirimkan proposal ke dinas terkait di kabupaten maupun provinsi dan memilih memasukkan ke investor yang ada.


Melihat kondisi tersebut Kepala Dikpora NTB Drs.H.L. Syafi’i yang turun langsung memantau sekolah-sekolah tak layak itu Rabu(12/10) kemarin menyatakan, akan memprioritaskan pembangunan sekolah terpencil khususnya yang memiliki kondisi parah. Apalagi kemauan masyarakat yang tinggi untuk bersekolah namun sekolah yang disediakan masih jauh dari kata layak.


‘’Ini merupakan tugas pemerintah untuk menyediakan pe layanan pendidikan,’’ tegasnya. IPM NTB mustahil akan bisa terangkat jika masih banyak kondisi sekolah yang ada masih jauh dari kata layak dan memperihatinkan, padahal pemerintah mengharuskan lulusan harus sesuai dengan standar nasional.


Syafi’i mengharapkan agar pemerintah pusat memberikan perhatian khusus untuk wilayah NTB, khususnya kondisi sekolah yang masih memperbaiki sekolah yang memprihatinkan. (Nia/ Pan/Wan)


sumber: http://www.suarantb.com

Last Updated on Thursday, 13 October 2011 06:15
 
<< Start < Prev 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Next > End >>

Page 30 of 49
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.