Thursday, 20 September 2012 00:31

PROSES PEMBELAJARAN PAUD DI TINGKATKAN

 

BTKP (20/9-12). Kamis jam 19.30 wita,  Kepala Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Lalu Syafi'i, MM, rencana akan membuka Oreantasi Teknis Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Hal ini dilaksanakan  sesuai amanat dalam undang-undang  Nomor 4 Tahun 1974,  tentang kesejahteraan anak bahwa proses  pembelajaran untuk  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tetap ditingkatkan bagi pengelola PAUD  se Nusa Tenggara Barat. Lanjut  bahwa kegiatan oreantasi teknis pembelajaran PAUD Tingkat Provinsi ini,  bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan tenaga pendidik  atau pengasuh dibidang pendidikan, kesehatan dan gizi agar dapat meningkatkan kecerdasan jamak bagi anak usia dini yang dititipkan pada lembaga PAUD.


paud


Pada bagian lain Kepala Bidang PAUD Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat,   Nuryanti SE, menjelaskan mekanisme dalam pelaksanaan  kegiatan antara lain; kebijakan pembinaan PAUD Nasional dan program bantuan Blocgrand APBN tahun 2012, tumbuh kembang anak 0-6 tahun, gizi dan perawatan anak 0-6 tahun, bermain pada usia  0-6 tahun, penataan lingkungan dan alat main, pengelolaan bermain, pendidikan parenting, pendidikan karakter, pembuatan rencana pembelajaran, penilaian dan pelaporan perkembangan anak, konsep dasar paud dan micro teaching. jelas Nuryanti.


Ketua panitai  Hj. Sudiarni  Siswaniatun, SE, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 50 orang utusan dari Kabupaten/Kota Se-Nusa Tenggara Barat kegiatan dilaksanakan selama lima hari mulai tgl 20 s.d 24 September 2012 di hotel Senggigi Lombok Barat Sementara nara sumber berasal dari Direktorat jenderal PAUDNI, Dinas kesehatan, Akademisi, IGTKI dan master trainer PAUD Provinsi Nusa Tenggara Barat.(PAN/WAN)

Last Updated on Thursday, 20 September 2012 03:47
 
Tuesday, 11 September 2012 06:17

Hasil Lomba OSN,O2SN dan FLS2N Dikmen PKLK

 


BTKP(11/9). Hasil pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke XI  tahun 2012,  diraih oleh  Aulia Aryani Juara II (dua) bidang studi Matematika berasal dari SMAN 6 Mataram, menyusul Ari Hendra Riski Kurniawan siswa SMAN 1 Sape Bima Juara II (dua)  bidang studi Biologi, dan Suriani juara III (tiga) untuk bidang studi Fisika  adalah  siswi   SLBN Darma Wanita Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Sementara lomba Olimpiade  Olahraga Siswa Nasional (O2SN)  juara harapan III (tiga) cabang olahraga  lomba lari 100 meter putri  adalah Mariana siswi dari  SLB Darma Wanita Kota Bima, sedangkan untuk  Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN) adalah Sucipto siswa SLB DW Provinsi Nusa  Tenggara Barat dengan jenis lomba Pantomim  dan Alhamuddin siswa SLBN Praya Lombok Tengah juara III (tiga) lomba Nyanyi Solo. Demikian dikatakan oleh  Hj. Uum Umayah, S.Pd Kepala Bidang Dikmenti kepada peserta upacara bendera hari Senin (10/9-12) yang berlangsung  dihalaman lapangan upacara Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Menurut Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK)  dan SBI Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs. Haryadi Widyadmoko,bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut  adalah mengembangkan kreatifitas dan inovasi para peserta didik, menumbuhkembangkan semangat berkompetisi dan berprestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dikalangan peserta didik, membina semangat  persaudaraan dan persatuan diantara para peserta didik  serta memacu peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang sains.


Sedangkan hasil yang diharapkan adalah meningkatnya  mutu pendidikan bidang studi matematika, fisika, biologi, kimia, astronomi, komputer, IPS terpadu, ekonomi dan lain-lain, ungkapnya. Kegiatan lomba tahun  ini  dilaksanakan di tiga tempat  adalah berdasarkan perjenjang pendidikan yakni di  Jakarta, Pontianak dan Bali,  yang berakhir  minggu pertama September lalu. (PAN/WAN).

Last Updated on Wednesday, 12 September 2012 00:12
 
Monday, 03 September 2012 04:18

PELATIHAN  TEKNISI  JARDIKNAS


Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom)Kemdikbud, rencana melaksanakan pelatihan teknisi  Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas) bagi SMP,SMA dan SMK sederajat. Hal ini bartujuan untuk meningkatkan kemampuan teknisi/ pengelola TIK di Sekolah dalam pengembangan dan pengendalian jaringan di sekolah.Jelas  Drs. Sukran Kepala Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat di ruang kerjanya Senin (3/8-12).


Adalah syarat sekolah yang mengikuti kegiatan tersebut  yakni  diperuntukkan  bagi  sekolah yang sudah terhubung dengan  jaringan schoolnet, karena fasilitas itu merupakan fasilitas yang telah  diprogramkan oleh Pustekkom Kemdikbud secara nasinal, dan tidak ada alasan lagi sekolah  tidak bisa browsing atau tidak memanfaatkan jardiknas (e-pendidikan)  dalam peningkatan mutu pendidikan di sokolah.


Dalam pelaksanaan bahwa selama kegiatan  peserta  memperoleh materi pelatihan  tentang kebijakan pemanfaatan TIK untuk pendidikan, analisa kebutuhan infrastruktur jaringan, perencanaan kapasitas  infrastruktur  jaringan, pengenalan perangkat jaringan dan kelengkapannya, desain jaringan LAN dan WAN, Konfigurasi dasar perangkat  jaringan, wireless dan hotspotclearOs server gateway dan virtualisasi, kofigurasi clearOs server gateway (DHCP,Webproxy,local DNS,bandwidth managemen, anti spy & anti virus).


Kegiatan diikuti sebanyak 20 orang teknisi yang  berlangsung selama dua hari tanggal 6 sampai dengan 7 September 2012  di ruang sidang satu Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat, sementara biaya difasilitasi oleh Pustekkom Kemdikbud sedangkan  tutor berasal dari Pustekkom Kemdikbud dan tutor Daerah, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pustekkom Kemdikbud dengan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat. (PAN/WAN)



Last Updated on Tuesday, 04 September 2012 07:14
 

MAHASIWA STMIK MELAKUKAN KKP


kkpDrs. Sukran, Kepala Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Dinas Dikpora Provinsi Nusa Tenggara Barat kamis (30/8-12) menerima Mahasiswa sebanyak empat orang dari PT STMIK Bumi Gora Mataram, penerimaan diruang kerjanya dalam rangka melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang berlangsung mulai tanggal 30 Agustus sampai dengan 30 September 2012 mendatang.


Lanjut Sukran bahwa, materi kuliah kerja praktek disesuaikan dengan kebutuhan pada Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam hal ini adalah membuat flowchat bagaimana cara membangun aplikasi berbasis website ujian online untuk sekolah yang berbasis Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).


kkpAdalah fasilitas sebagai tempat untuk mencari berbagai informasi bahwa Mahasiswa tersebut bisa mengadakan browsing di Balai melalui fasilitas yang ada seperti infrastruktur Jaringan internet, Komputer yang tersambung dengan Local Areal Network (LAN) dan Wireless Areal Network (WAN), serta terhubung dengan berbagai situs-situs pendidikan; m-edukasi, edukasi.net, TV edukasi, web rumah belajar, web Buku Sekolah Elektronik, web SEAMOLEK, Radio edukasi.net, situs-situs sekolah, maupun situs pemerintah daerah maupun dipusat, serta berbagai aplikasi (Pusat Sumber Belajar Online, Mobile Learning), dan lainnya. WAN/PAN/RIMA.

 
<< Start < Prev 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Next > End >>

Page 30 of 54
© 20011BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN |BTKP@goV
.... KUIS KIHAJAR TK NASIONAL TGL 6-9 NOVEMBER DI JAKARTA ....
.:[Close]2x:.